SMPN 2 Payakumbuh Salurkan THR dan Zakat -->

Adsense Atas-STIE AKBP

SMPN 2 Payakumbuh Salurkan THR dan Zakat

Kamis, 28 April 2022
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Bertempat di lapangan upacara, Selasa(26/4/2022) pagi, Kepala 2 SMPN Payakumbuh, Desfiwati membagikan bantuan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada 56 siswanya. Kesempatan itu sebanyak 12 guru honorer pun ikut menerima dana THR guna persiapan lebaran Idul Fitri, ini. 


Menurut Kepala SMPN 2 Payakumbuh, Desfiwati, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan di SMPN 2 Payakumbuh. Bertujuan untuk saling berbagi berkah Ramadhan. Dikala ASN bersuka cita dengan THR dari negara, ikut disisihkan untuk berbagi dengan siswa dan tenaga honorer yang telah mengabdikan diri di SMPN 2 Payakumbuh. Baik membantu di Tata Usaha maupun guru honorer. THR kali ini bersumber dana infaq dan sumbangan guru dan tenaga kependidikan.



"Ya, baru saja kita serahkan bantuan senilai 5juta rupiah untuk siswa dan pegawai honorer. THR tersebut kita peruntukkan bagi siswa kita yang tergolong sebagai siswa kurang mampu di sekolah. Mereka adalah bagian dari Kita, yang mesti kita perhatikan bersama. Termasuk di sekolah. Sehingga mereka tidak bersedih dalam berhari raya. THR ini juga kita peruntukkan bagi tenaga honorer kita. Jadi, sekarang yang disalurkan adalah infaq ASN,"sebut Desfiwati. 


Sebelumnya, ulas Desfiwati. Biasanya lebih dari 100 siswa yang menerima bantuan berupa zakat ASN. 2 tahun belakangan, SMPN 2 Payakumbuh menjadi Unit Pengumpulan Zakat. Kala itu, sekolah Kita ikut mengelola zakat profesi ASN,"terang Desfiwati. 


"Dari 2,5% zakat yang terkumpul, 1 % dikelola sekolah dan 1,5% diserahkan ke BAZNAS Kota Payakumbuh. Namun, tahun ini semua zakat diserahkan/disetor ke BAZNAS. Alhamdulillah, zakat profesi ASN sudah kita setorkan. Ini wujud syukur atas nikmat dari Allah SWT melalui SMPN 2 Payakumbuh. Sekarang, sekolah tidak lagi mengelola zakat,"jelas Desfiwati yang akrab disapa Ummi, ini. 



"Kita berharap, semoga dana ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, meski jumlahnya tidak seberapa. Kita mendoakan, semoga reski dari Allah SWT yang kita terima bisa kita infaqkan sesuai penunjuk Allah SWT,"imbuhnya lagi. 



Adalah, Altof siswa kelas 7 di SMPN yang beralamat di jalan Hamka, Kaniang Bukit kelurahan Tigo Koto Dibaruah ini ucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh.


"Alhamdulillah, dan terima kasih para guruku. Ini sangat bernilai bagi kami,"ucapnya singkat.


Adapun Ali Syayaf siswa kelas 8 pun ungkapkan hal senada dengan adik kelasnya.


"Pandemi covid-19 sudah porak porandakan lini kehidupan manusia. Banyak hal tak terduga jadi duga. Ekonomi keluarga pun ikut merosot. Sangat terasa di keluargaku. Alhamdulillah, ada dana dari sekolah untuk menghadapi lebaran. Terima kasih guru,"ungkap Ali. 


Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril bersama Pengurus Baznas juga dilangsungkan pendistribusian zakat untuk kaum dhuafa yang dipusatkan di aula kantor diknas di Padang Kaduduak kelurahan Tigo Koto Diate, Senin tanggal 25 April 2022. Pendistribusian dikhususkan untuk para mustahik dan pegawai non PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang terdiri dari Penjaga Sekolah Non PNS/honorer dan THL.(Ul)