Status Gunung Ruang di Sulut Naik Jadi Waspada -->

Iklan Atas

Status Gunung Ruang di Sulut Naik Jadi Waspada

Minggu, 17 April 2022

Ilustrasi.


Jakarta - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Ruang di Sulawesi Utara ke level II atau waspada dari level I (normal).


Gunung yang terletak di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara itu menunjukkan peningkatan aktivitas terutama gempa-gempa vulkanik sejak 7 April 2022.


Peningkatan aktivitas vulkanik ini berpotensi diikuti letusan meskipun tidak dapat dipastikan kejadiannya.


"Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka terhitung mulai 16 April 2022 pukul 13.00 WITA tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari level I (normal) ke level II (waspada)," kata Kepala PVMBG Andiani dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4), sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Andiani menjelaskan Gunung Ruang diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Desa Tulusan Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.


"Hasil pemantauan terkini secara visual sejak 1-16 April 2022, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Secara umum belum teramat perubahan signifikan pada aktivitas di permukaan," ujarnya.


Sehubungan dengan kenaikan aktivitas Gunung Ruang menjadi level II, maka PVMBG merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan kegiatan di area Gunung Ruang pada radius 1,5 km dari kawah atau puncak dan sektoral 2,5 km pada sektor timur, tenggara, selatan dan barat daya.


Selain itu, masyarakat diimbau agar senantiasa menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya abu vulkanik jika erupsi terjadi.(*)