Tim Ramadhan Khusus Kunjungi Salah Satu Masjid Tertua di Lima Kaum -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Tim Ramadhan Khusus Kunjungi Salah Satu Masjid Tertua di Lima Kaum

Rabu, 20 April 2022

Wabup Richi Aprian menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid, di Masjid Raya Lima Kaum

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian bersama Tim Safari Ramadan (TSR) Khusus, mengunjungi Masjid Raya Lima Kaum yang merupakan salah satu Masjid tertua di Sumatera Barat, Selasa (19/4/2022) malam. 


Berada di Masjid yang telah berdiri sejak tahun 1786 itu, Wabup Richi menginformasikan prestasi yang diraih pemerintah Tanah Datar selama masa kepemimpinannya bersama Bupati Eka Putra, SE. MM. 


"Satu tahun lebih kami memimpin Kabupaten Tanah Datar. Alhamdulillah, prestasi maupun penghargaan telah banyak yang diraih, kami menyadari apapun itu tidak lepas dari kerja sama serta dukungan masyarakatnya," sampai Wabup. 


Terkait Program Unggulan (Progul) yang telah dicanangkan Pemerintah Tanah Datar, Wabup Richi mengatakan sebagian masyarakat juga telah merasakan manfaat dari beberapa Progul yang telah di launching. 


"Kami berharap seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat Progul yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga impian untuk mewujudkan Tanah Datar madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dapat terealisasikan," harap Richi Aprian. 


Sementara itu, Ketua Pengurus Mesjid Raya Lima Kaum Fakhri, S. Ag M.M mengatakan, pembangunan Masjid terus dilakukan, pembangunan yang saat ini sedang berjalan ialah pembuatan tempat Parkir dan TPA, akan tetapi pembangunan hanya boleh dilakukan diluar Masjid, dikarenakan Masjid Raya Lima Kaum termasuk situs cagar budaya nasional. 


"Program keagamaan rutin terlaksana di Masjid Lima Kaum ini, ada juga pelatihan tentang adat bagi generasi muda, pembangunan pun akan terus direalisasikan untuk kenyamanan masyarakat maupun pengunjung beribadah di Mesjid yang penuh akan sejarah ini," ujar Fakhri. 


Diakhir acara Wabup juga menyerahkan bantuan pembangunan Masjid sebesar Rp.10.000.000 serta buku fikih didampinggi Kadiss Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen, Sekretaris Camat Lima Kaum, Wali Nagari Lima Kaum, Ketua KAN, BPRN dan Tokoh Masyarakat. (F12)