TSR di Tapan, Sekda Serahkan Bantuan Rp7,5 Juta dari BAZ -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

TSR di Tapan, Sekda Serahkan Bantuan Rp7,5 Juta dari BAZ

Jumat, 08 April 2022
.


Pessel - Sekretaris Daerah Kabupaten Peisir Selatan Mawardi Roska dan Komandan Kodim 0311 Pesisir Selatan Letkol Inf. Moch Suherli mempimpin Tim Silaturahmi (V dan VI) Kegiatan Safari Ramadhan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022/1443 Hijriyah di Kecamatan Basa Ampek Balai (BAB)Tapan, Kamis (7/4) malam. 


Kunjungan Tim Silaturahmi Kegiatan Safari Ramadhan Kabupaten Persisir Selatan tahun 2022/1443 Hiriyah ke Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, masing-masing di Masjid Baitul Makmur Kp Bakir Nagari Batang Betung Tapan (Tim V) dan Masjid Jannatul Ma'wa Nagari Pasar Tapan (Tim VI) pada saat bulan suci Ramadhan tahun 2022/1443 Hijriyah ini membawa misi silaturahmi atau silaturahim dan menyampaikan sejumlah informasi pembangunan, juga menampung aspirasi masyarakat. 


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, selaku Ketua Tim V mengatakan, Kegiatan Safari Ramadhan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 1443 Hijriyah/2022 mempunyai dua tujuan; silaturahmi dan silaturahim. Yakni, dua ungkapan serupa tetapi mempunyai arti dan makna berbeda. 


"Silaturahmi memiliki arti dan makna yang terbatas. Sedangkan, Silaturahim memiliki arti dan makna yang dalam," ujar Sekda. 


Menurutnya, kedua ungkapan tersebut mesti ditingkatkan dan interpertasikan dalam arti yang lebih hakiki sesuai dengan perspektif Islam.


Karena dalam kehidupan, seorang  harus memperhatikan hablum minallah dan hablum minannas, serta hablum minal 'alam. Tiga perkara ini bernilai ibadah dan merupakan misi kehidupan sebagai khalifah (pemimpin). Ketiga hal itu harus diamalkan secara seimbang, meskipun pada hakikatnya hablum minannas dan hablum minal ‘alam memiliki tujuan vertikal, yakni mendapat ridha Allah SWT. 


Pada Safari Ramadhan tersebut Tim V Kegiatan Silaturahmi Ramadhan Kabupaten Persisir Selatan Tahun 1443/2022 memberikan bantuan infak kepada Pengurus Masjid Baitul Makmur Bakir Tapan dari BAZ Kabupaten Pesisir Selatan sebesar Rp.7,5 juta. Kemudian Sekda Mawardi Roska selaku Ketua TIM juga memberikan "Oleh-oleh Ramadhan" untuk anak-anak/santri yang menjawab pertanyaan (quis tanyajawab)nya dengan benar.  


Sementara itu Ustadz Jon Harmen S.Ag, MA dalam Ceramah Ramadhan 1443/2022 di Masjid Baitul Makmur di Kp Bakir - Tapan itu menyampaikan tauziah (santapan rohani) tentang Keutamaan Ibadah Sholat. Menurutnya, jika ingin sholat khusu' manusia harus menaruh malu kepada Allah SWT. 


"Begitu banyak nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita (saya), sampai dengan saat sekarang ini ( selama bertahun-tahun), tidak sebanding dengan Nikmat MU,"ujar Ustadz Jon Harmen. Sebaiknya harus lebih banyak bersyukur. Dan, lebih baik lagi harus banyak lagi beribadah. 


"Banyak orang malas beribadah, kerena kurangnya rasa syukur dan lupa akan mati. Kalau orang punya rasa syukur dan ingat dengan mati maka ia akan rajin sholat, sebagaimana (Firman Allah SWT, Q.S -Al Ankabut, ayat 57); Kullu nafsin za` iqatul ma?t, summa ilaina turja'un, artinya Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian, hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan," jelas Ustz Jon Harmen mengutip dalillnya.


Tim V Safari Ramadhan Kabupaten Pesisir Selatan, terdiri dari; Ketua Tim Sekda Pesisir Selatan Mawardi Roska, Wakil Ketua Tim/Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Hakimin, dan Anggota Tim; 1)Ketua Pengadilan Agama Painan, 2)Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Yesfi Nawaswi S.I.P, M.Si, 3)Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi S.Kom, M.E, 4)Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hardi Darmaputra,SH, 5)Dirut RSUD M Zein Painan dr Hereva, 6)Pimpinan Badan Penyelenggara Janinan Sosial (BPJS-Kesehatan), 7)Pimpinan Bank Nagari Cabang Painan, 8)Pimpinan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Painan, 9)Kepala Bagian Hukum Setda, dan 10)Analis Kebijakan Ahli Muda Sekda Kab Pesisir Selatan.(*/wandi)