TSR IV Tanah Datar Kunjungi Masjid Tarhim, Masyarakat Keluhkan Air Bersih dan Irigasi Pertanian -->

Iklan Atas

TSR IV Tanah Datar Kunjungi Masjid Tarhim, Masyarakat Keluhkan Air Bersih dan Irigasi Pertanian

Kamis, 07 April 2022

Tim Safari Ramadhan IV Tanah Datar serahkan bantuan untuk Masjid Tarhim Tanjung Barulak, Kamis (7/4) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Masyarakat Jorong Padang Datar, Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas, menyambut dengan antusias kedatangan Tim Safari Ramadhan (TSR) IV Tanah Datar, terlihat dengan penuhnya Masjid dengan jamaah, di Masjid Tarhim, Kamis (7/4/22). 


Kegiatan diawali dengan berbuka bersama dan dilanjutkan Shalat Maghrib, serta makan bersama, seterusnya Shalat Isya dilanjutkan dengan sambutan pengurus Masjid dan sambutan Ketua TSR, serta dilanjutkan ceramah agama dan terakhir Shalat Tarawih Berjamaah. 


TSR IV yang dipimpin Dandim 0307 Tanah Datar diwakili Danramil Tanjung Emas Letda Mardison, Wakil Ketua Tim Kepala Dinas Perhubungan Nusyirwan, Kepala BPCB Sumbar Riau Kepri, penceramah Ustadz Dodi, Bagian Kesra dan Bagian Prokopim Setda Tanah Datar serta wartawan.Turut hadir Sekretaris Camat Tanjung Emas, Forkopimca, Walinagari Tanjung Barulak dan ratusan jamaah Masjid Tarhim Padang Datar Tanjung Barulak. 


Ketua Pengurus Masjid Tarhim Hendri Mangkuto Sirajo sampaikan, Masjid ini berdiri tahun 1978 dan untuk pembangunan yang direncanakan, masih ada yang belum terselesaikan, diantaranya tempat parkir sekaligus untuk Shalat Idul Fitri, dan diharapkan bantuan dari pemerintah daerah.


Hendri juga harapkan, lampu jalan sudah lama mati dan sudah dilaporkan tapi sudah 5 hari Ramadhan belum juga di tindak lanjuti instansi terkait, juga masalah air perlu bantuan saluran air bersih dari PDAM untuk masyarakat dan kebutuhan berwudhu. 


Sementara itu, Sekretaris Wali Nagari Tanjung Barulak Syahrul juga tambahkan, selain air bersih masyarakat juga harapkan perbaikan ataupun pembangunan irigasi untuk lahan pertanian, sebelumnya juga disampaikan terimakasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan.


Sedangkan Wakil Ketua Tim Kadis Perhubungan Nusyirwan menanggapi aspirasi dari masyarakat sampaikan, untuk lampu penerangan jalan secepatnya akan di turunkan anggota dan diperbaiki langsung karena ini dibawah kewenangan kami Dinas Perhubungan. 


Selanjutnya masalah air bersih yang bersumber dari PDAM yang tidak mencukupi dan pembangunan masjid akan disampaikan kepada instansi terkait, namun demikian juga diharapkan partisipasi dari masyarakat.


Nusyirwan juga katakan Pemerintah Tanah Datar turunkan 20 tim di 40 masjid secara serentak pada tanggal 6 dan 7 April 2022 dengan tujuan mempererat silaturrahmi, menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi langsung kepada masyarakat."Alhamdulilah masyakarat menyambut baik dan menyampaikan aspirasi kepada tim untuk mengetahui apa yang di harapkan masyarakat," ucapnya


Nusyirwan sampaikan juga beberapa progul yang sudah di launching, diantaranya Bajak Gratis, Makan Rendang, Satu Nagari Satu Ivent, Satu Rumah Satu Hafizh, untuk itu diharapkan dukungan dari masyarakat dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat menuju Tanah Datar madani. 


"Program pelayanan publik sudah bisa dilakukan secara online, dengan menggunakan handphone android, sedangkan untuk cetak KTP dan dokumen kependudukan bisa di lakukan di kantor Wali Nagari dan kantor Camat terdekat," terang Nusyirwan. 


Diakhir sambutan, bupati juga mengajak untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan keagamaan, generasi muda untuk meramaikan masjid Insyaallah tahun 2024 mendatangkan Kecamatan Tanjung Emas menjadi tuan rumah MTQ tingkat kabupaten dan menghimbau kepada pemilik rumah makan dan warung untuk tutup di siang hari dan menjaga ketenteraman.


Kegiatan diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Dodi Hendra dengan judul Buah Keikhlasan Dalam Beribadah dan Berbuat Baik.


Dalam kunjungan tersebut TSR IV menyerahkan bantuan secara simbolis untuk pembangunan Masjid sebesar Rp10 Juta, dan satu set buku Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq dan buku Syarah Riyadhus Shalihin serta ditambah bantuan untuk berbuka puasa bersama. (F12)