TSR Pemprov Sumbar, Ajak Masyarakat Nagari Ampalu Perkuat Tali Silaturahmi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

TSR Pemprov Sumbar, Ajak Masyarakat Nagari Ampalu Perkuat Tali Silaturahmi

Senin, 11 April 2022
.


Padang - Memasuki malam ke-9, Ramadhan 1443 H, Minggu (10/4/2022), Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),  yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, Nizam Ul Muluk, bersama Tim Safari Ramadhan menyambangi Masjid Jami' Nagari Ampalu, di Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya. 


Kepada jamaah warga Nagari Ampalu, Nizam menyampaikan kegiatan Safari Ramadhan tahun ini mempunyai dua tujuan, silaturahmi dan silaturahim. Yakni, dua ungkapan serupa tetapi mempunyai arti dan makna berbeda.


“Silaturahmi memiliki arti dan makna yang terbatas. Sedangkan, Silaturahim memiliki arti dan makna yang dalam,” ujar Nizam. 


Menurutnya, kedua ungkapan tersebut mesti ditingkatkan dan interpertasikan dalam arti yang lebih hakiki sesuai dengan perspektif Islam.


"Karena dalam kehidupan, seorang  harus memperhatikan hablum minallah dan hablum minannas, serta hablum minal ‘alam. Tiga perkara ini bernilai ibadah dan merupakan misi kehidupan sebagai khalifah (pemimpin). Ketiga hal itu harus diamalkan secara seimbang, meskipun pada hakikatnya hablum minannas dan hablum minal ‘alam memiliki tujuan vertikal, yakni mendapat ridha Allah SWT," ujarnya. 


Pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut tim memberikan bantuan hibah dari Pemprov Sumbar kepada pengurus Masjid Jami' Nagari Ampalu sebesar Rp50 juta.


"Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan masjid dan kebutuhan operasional di masjid," ujar Nizam. 


Wali Nagari Ampalu, Sofian, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas kehadiran Tim Safari Ramadan Pemprov Sumbar. Sebab, selama sepuluh tahun ia menjabat sebagai Wali Nagari, baru kali ini ada Tim Safari Ramadhan menginjakkan kaki ke nagari mereka. 


"Selama sepuluh tahun kami menjabat menjadi wali nagari, baru kali ini kami dikunjungi oleh Tim safari Ramadhan Sumbar. Oleh karenanya kami sangat menyambut baik kedatangan bapak dan ibu," kata Sofian. 


"Kami mewakili masyarakat Nagari Ampalu  mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar telah mengirim tim safari Ramadhan Pemprov Sumbar ke tempat kami," lanjutnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Dharmasraya, yang diwakili oleh Asisten II Kab. Dharmasraya, Yefrinaldi, mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Safari Ramadhan ia berharap dengan kedatangan tim Safari Ramadhan, dapat mempererat tali silaturahim, serta sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan mendukung program pembangunan pemerintah daerah untuk masyarakat Kabupaten Dharmasraya. 


Terkait program pembangunan, Yefrinaldi memohon bantuan dan dukungan untuk pembangunan infrastruktur ruas jalan simpang tiga Koto Baru bisa segera diperbaiki. 


"Hampir setiap tahun jalan Simpang Tiga Dharmasraya mengalami kerusakan, hal ini guna memperlancar akses lalu lintas kendaraan, disamping juga untuk menghindari resiko jatuhnya korban kecelakaan," ujarnya. 


Sementara itu, dalam ceramahnya Sofwan Diran, menyampaikan makna bulan Ramadhan di tahun ini adalah memperkokoh tali silaturahim, dan memperkuat ukhuwah islamiyah. 


"Insya Allah dengan menjadi  manusia yang saling memaafkan, saling mengingatkan, komunikasi yang dibangun akan menjadi lancar, rencana kita pun untuk memajukan Nagari ini akan terwujud," tuturnya. (via/MMC)


Diskominfotik Sumbar