TSR Provinsi dan Pemkab Sijunjung Kunjungi Masjid Baitul Karim -->

Adsense Atas-STIE AKBP

TSR Provinsi dan Pemkab Sijunjung Kunjungi Masjid Baitul Karim

Sabtu, 09 April 2022
.


Sijunjung – Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat dan tim safari ramadhan kabupaten mendapat sambutan hangat dari jamaah Masjid Baitul Karim, Jorong Koto Ranah, Nagari Solok Amba, Sijunjung, Kamis (8/4/22).


Terpantau, masyarakat Jorong Koto Ranah Solok Amba begitu antusias mengikuti shalat isha, tarwih dan witir berjamaah bersama tim safari ramadhan provinsi yang diketuai langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Anshurullah dan didampingi Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir.


Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturrahim Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan masyarakat sekaligus menyampaikan program program pemerintah baik yang sudah maupun yang akan dibangun di Ranah Lansek Manih.


Pada kesempatan itu, Wali Nagari Solok Amba, Husni Tamrin mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim safari ramadhan provinsi dan kabupaten di masjid baitul karim.


“Kegiatan ini sangat langkah, sebab, semanjak nagari kita berdiri bahkan sejak Indonesia merdeka baru kali ini Gubernur Sumbar datang di Nagari Solok Amba,” ungkapnya.


Kemudian, Wali Nagari melaporkan, pembangunan masjid baitul karim saat ini sedang berjalan dan masih banyak yang harus dibenahkan. “Ukuran masjid kita masih belum bisa menampung seluruh masyarakat pada saat pelaksanaan shalat Idulfitri. Proses pembangunan ini belum rampung sebab terkendala biaya,” ujarnya.


Sementara, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengucapkan selamat datang di Ranah Lansek Manih kepada Gubernur Sumbar. “Alhamdulillah buya mahyeldi saat ini melakukan safari ramadhan di Nagari Solok Amba Sijunjung, mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Pemprov bisa untuk melanjutkan pembangunan masjid baitul karim,” ucapnya.


Disisi lain, Benny menyampaikan beberapa program pembangunan, baik yang akan dilaksanakan maupun yang telah terlaksana.


“Saat ini untuk pelayanan masyarakat, dalam pembuatan KTP tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil, cukup datang kantor wali nagari,” jelasnya.


Selain itu, Pemerintah daerah juga sudah membebaskan uang SPP bagi SD, SMP dan SMA. “Program gratis uang sekolah sengaja kita buat, sebab, angka putus sekolah di Kabupaten Sijunjung tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya program ini betul-betul bisa membantu masyarakat di Ranah Lansek Manih dan tidak adalagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya karena tidak ada biaya,” jelas Bupati.


Dalam arahannya, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Anshurullah mengapresiasi antusias masyarakat nagari solok amba mengikuti shalat berjamaah dimasjid. “Saya sangat bangga dapat melaksanakan shalat isha, tarwih dan witir berjamaah di Masjid Baitul Karim ini, dilihat masyarakat cukup ramai untuk melaksanakan ibadah, bahkan sampai diluarpun dilakukan,” ungkapnya.


Kemudian, Gubernur menyerahkan bantuan sebesar Rp. 70 juta kepada Pengurus Mesjid Baitul Karim dan disaksikan Bupati Benny Dwifa Yuswir.


Mahyeldi berharap bantuan itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memakmurkan masjid dan meningkatkan semangat ibadah masyarakat.


“Masjid kecil namun jemaahnya ramai lebih baik dari pada masjid besar jemaahnya sedikit. Jangan biarkan masjid megah dan besar sendiri, tapi insan yang memakmurkannya juga jumlahny besar,” pungkasnya. (*/def)