Ukraina Tembak Jatuh Helikopter Rusia Pakai Rudal Inggris -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Ukraina Tembak Jatuh Helikopter Rusia Pakai Rudal Inggris

Minggu, 03 April 2022

Ilustrasi.


Jakarta - Pasukan Ukraina menembak jatuh helikopter Rusia menggunakan rudal Inggris. Dalam rekaman yang beredar online, terlihat rudal Starstreak berkecepatan tinggi menghancurkan pesawat di wilayah Luhansk, dikutip dari Evening Standard.


Rudal Starstreak merupakan salah satu senjata Inggris yang dipasok ke Ukraina pada Maret lalu. Senjata ini juga dikirim bersama Senjata Anti-tank Generasi Baru (NLAW) dan rudal anti-tank Javelin, sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Mengutip The Independent, seorang sumber dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan video tersebut menunjukkan rudal Starstreak ditembakkan di Ukraina.


Sumber ini juga menyampaikan sistem anti-pesawat tersebut telah digunakan pasukan Ukraina selama hampir sepekan.


Selain itu, sumber dari industri pertahanan mengatakan pada The Times ia percaya rudal yang digunakan dalam video itu adalah Starstreak.


Sistem Starstreak dibuat oleh perusahaan luar angkasa asal Prancis, Thales. Perusahaan itu mendeskripsikan rudal ini sebagai senjata yang mampu memberikan pertahanan udara jarak dekat terhadap ancaman serangan udara konvensional, seperti pesawat tempur sayap tetap dan target helikopter.


Militer Inggris juga mengatakan Starstreak merupakan senjata pertahanan udara yang sangat bagus, pun sangat efektif melawan helikopter.(*)