Wali Nagari Soni Afrison, Sangat Mengapresiasi Perubahan di SDN 17 Ulakan Tapakih -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wali Nagari Soni Afrison, Sangat Mengapresiasi Perubahan di SDN 17 Ulakan Tapakih

Minggu, 17 April 2022
Wali Nagari Ulakan Soni Afrison, S.Pd terlihat menyerahkan hadiah Piala kepada peserta terbaik dalam penutupan Pesantren Ramadhan di SDN 17 Ulakan Tapakih, Padang Pariaman, juga diakhiri berbuka bersama dengan orang tua dan wali murid, Sabtu 16 April 2022 (foto.dok.al)


Ulakan
- Begitu ketika mau memasuki gerbang sekolah ini, saya merasa surprise melihat perubahan tampilan sekolah yang jauh berbeda dari sebelumnya. Ini membuktikan perubahan yang signifikan melalui telah tercipta kerjasama secara bijak dari Kepala Sekolah dengan stakeholder sekolah.


Hal itu disampaikan Wali Nagari Tapakis Soni Afrison, S.Pd dalam sambutannya ketika penutupan kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H/2022 M di SDN 17 Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sabtu (16/04/22). Rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yang telah berlangsung seminggu 11- 16 April 2022 dengan beragam materi itu, sedianya akan ditutup Kabid Pembinaan SD Disdikbud, ataupun Camat Nurman. Lantaran keduanya, begitu padat kegiatan mendampingi Tim Kabupaten, ia menyerahkan untuk penutupan kegitan dilakukan Wali Nagari Ulakan Soni Afrison. 


Wali Nagari Ulakan Soni Afrison menyatakan sangat mengapresiasi dengan memberikan dukungan penuh untuk pendidikan yang telah dilakukan Kepala Sekolah yang baru, karena baru sekitar tiga bulan bertugas disini.


"Adanya perubahan secara signifikan ini, maka warga sekolah bersama masyarakat tentu bersemangat memberikan dukungan. Hal itu sebagai bukti suport atas bermacam program yang telah dirancang pihak Sekolah demi kemajuan pendidikan di Sekolah ini" tegas Pak Son, begitu panggilan akrabnya ketika disapa warganya. 


Ia mengakui, dulu belum punya pagar Sekolah, tak ada taman dan fot bunga. Kini, sejak tiga bulan terakhir telah punya pagar walaupun dari bambu begitu rapi, punya taman yang indah disertakan beragam bunga dengan fotnya tertata secara baik. Bahkan, keindahan halaman ini, dilengkapi dengan telah berdiri Pondok Literasi dan Green House.


"Jadi, tinggal upaya perawatan yang harus dimaksimalkan. Jangan sampai usaha yang telah dibangun dengan susah payah ini, terabaikan dan punah begitu saja. Untuk itu diperlukan perawatan dengan baik" ucap dia mengingatkan.


Lebih lanjut Wali Nagari itu, ia menyinggung soal spanduk Sekolah Ramah Anak (SRA) yang terpampang besar di dinding depan sekolah. Ini salah satu bukti keseriusan sekolah untuk menyelenggarakan program SRA. 


Menurut Pak Son, Program SRA ini harus diupayakan sebaik mungkin agar siswa merasa nayaman, tenang, betah belajar selama di sekolah. Kalau bisa siswa itu malas untuk pulang ke rumah. 


"Jadikanlah Sekolah ini arena sorga untuk bermain bagi anak. Jaga keselamatan mereka, dan berikan hak-hak mereka dengan adil. Jangan matikan kreatifitas mereka dengan kata-kata yang keras dan bersifat menghakimi" harap Wali Nagari itu mengingatkan. 


Ia menambahkan, menerima pesan dari Camat Ulakan Nurman, tiga hari yang lalu, mengabarkan bahwa berdasarkan berbagai pertimbangan beliau, ada beberapa Sekolah yang akan mengikuti lomba Sekolah Sehat melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2022 ini. 


"Salahasatunya adalah SDN 17 Ulakan Tapakih akan ikut serta mengikuti lomba Sekolah Sehat melalui seleksi UKS  tahun 2022. Untuk itu, berbenahlah menghadapi seleksi dengan kebersamaan, juga disiplin kerja nantinya" minta Pak Son yang masih muda itu dengan tepuk tangan gembira dari warga sekolah. 


Terakhir, ia berpesan agar kepala sekolah, para guru, tenaga kependidikan, wali murid beserta komite harus bekerja sama bahu-membahu mewujudkan harapan pemerintah dengan program SRA dan Sekolah Sehat ini. 


Kegiatan juga dilakukan dengan pemberian hadiah berupa piala kepada 3 (tiga) peserta terbaik yang dinilai Panitia selama mengikuti Pesantren Ramadhan ini. Kriteria penilaian berupa kerapihan, sopan santun, kedisiplinan, keaktifan dan nilai ujian di akhir pesantren. 


Kepala SDN 17 Ulakan Tapakih Tapakih Alfian Tarmizi, melaporkan kegiatan Pesantren Ramadhan ini terlaksana berkat kerjasama para guru dan tenaga kependidikan serta dukungan Mahasiswa PL dari STKIP Nasional Pauh Kambar. Kesemua mereka bersemangat dan energik memberikan dukungan, sehingga kegiatan dikemas dengan baik. Kesemua guru terlibat dalam memberikan materi" ucap Alfian 


"Kesemua materi dipandu bersama.  Seperti ikut sholat zuhur berjamaah, shalat dhuha, tadarusan bersama, materi keislaman, kebangsaan, kepemimpinan, lingkungan sehat dan dampak narkoba. Sehinga peserta merasa senang dan lupa waktu kalau mereka sedang berpuasa" sebut Alfian Tarmizi yang sebelumnya guru di SDN 07 pada Kecamatan yang sama. 


Alfian mengatakan, peserta pesantren terdiri dari kelas III-VI yang berjumlah 42 orang. Tingkat kehadiran setiap hari mencapai angka 75-85%. Lagi, kegiatan Pesantren Ramadhan ditutup dengan acara berbuka serta makan bersama yang difasilitasi orang tua dan wali murid membawa rantang makanan untuk keperluan berbuka.


"Semoga Allah SWT membalasi dengan pahala yang berlipat ganda bagi para orang tua maupun wali murid yang telah memberikan perbukaan kepada orang-orang yang berpuasa. Aamiiin" ucap Kepsek itu.


Sedangkan Ketua Komite Sekolah Syamsul Bahri dan Wali Korong Rawang Zainal, S.Pd, mengatakan, mereka sangat mendukung program sekolah yang dilaksanakan Kepala Sekolah yang baru. Kami selalu memantau semua kegiatan sekolah dari depan sekolah. 


"Setiap hari kami berposko di depan Sekolah ini, persis di lapangan Badminton yang merupakan tempat kegiatan olah raga malam pada malam hari" sebut mereka.


Kegiatan terakhir Pesantren Ramadhan yang berlangsung sehari penuh dari pukul 08.00 - 20.00 WIB ini, diikuti peserta secara hikmat dengan nikmatnya balutan silaturrahmi, didahului berbuka puasa serta makan bersama, berlanjut shalat Magrib berjamaah di ruangan Perpustakaan yang disulap menjadi Mushalla. (909).