Wanita Pengebom Bunuh Diri Serang Minibus, 4 Orang Tewas -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wanita Pengebom Bunuh Diri Serang Minibus, 4 Orang Tewas

Rabu, 27 April 2022

Serangan bom bunuh diri serang minibus


KARACHI - Seorang wanita pengebom bunuh diri dari kelompok separatis Pakistan menewaskan empat orang, termasuk tiga warga negara China, dalam serangan terhadap sebuah minibus yang membawa staf dari Institut Konfusius di Universitas Karachi pada Selasa (26/4).


Tentara Pembebasan Baloch - salah satu dari beberapa kelompok yang berjuang untuk kemerdekaan di provinsi terbesar Pakistan - mengaku bertanggung jawab, dengan mengatakan bahwa itu adalah serangan bunuh diri pertama oleh seorang penyerang wanita.


Target China secara teratur diserang oleh separatis dari Balochistan, di mana Beijing terlibat dalam proyek infrastruktur besar sebagai bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Separatis telah lama memendam kebencian terhadap proyek pertambangan dan energi yang menguntungkan di wilayah tersebut, dengan mengatakan bahwa penduduk setempat tidak melihat manfaatnya dan terusir dari tanah mereka.


"(The) Baloch Liberation Army menerima tanggung jawab atas serangan yang mengorbankan diri hari ini," kata juru bicara kelompok itu, Jeeyand Baloch, dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan dalam bahasa Inggris di Telegram.


Polisi Karachi mengkonfirmasi bahwa empat orang telah tewas, termasuk pengemudi minibus dan tiga staf dari Institut Konfusius, program budaya dan pendidikan yang dijalankan China di universitas-universitas di seluruh dunia.


Tayangan televisi sirkuit tertutup yang disiarkan oleh saluran lokal menunjukkan seorang wanita berdiri di dekat gerbang institut, di dalam halaman Universitas Karachi, ketika minibus berhenti.


Ketika mencapai jarak satu meter, dia membalikkan punggungnya dan meledakkan bom yang diikatkan ke tubuhnya.

Perdana Menteri baru Pakistan Shehbaz Sharif segera mengutuk serangan itu.


"Saya sangat berduka atas hilangnya nyawa yang berharga termasuk teman-teman China kami dalam serangan keji di Karachi hari ini," tweetnya.


Sharif hanya mengambil alih sebagai perdana menteri setelah Imran Khan digulingkan oleh mosi tidak percaya awal bulan ini, dan mengatasi kebangkitan militansi akan menjadi salah satu tantangan terbesarnya.


"Saya mengutuk keras tindakan terorisme pengecut ini," kata Sharif.


Dia menegaskan para pelaku pasti akan dibawa ke pengadilan.

Pada Februari lalu, separatis Baloch melancarkan serangan selama empat hari di dua lokasi di provinsi tersebut, menewaskan sembilan tentara.


Ketegangan telah berkobar dalam beberapa tahun terakhir di Balochistan menyusul masuknya investasi China secara besar-besaran.


China sedang meningkatkan jaringan energi dan infrastruktur sebagai bagian dari program senilai USD54 miliar yang dikenal sebagai Koridor Ekonomi China-Pakistan, dengan kedua negara waspada terhadap ancaman keamanan terhadap proyek tersebut.


Pada April 2021, serangan bom bunuh diri di sebuah hotel mewah yang menampung duta besar China di Quetta, ibu kota provinsi Balochistan, menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya. Saat itu, duta besar tidak terluka. (*)