Wisata dan Pertanian Pessel Miliki Potensi Besar untuk Dikembangkan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wisata dan Pertanian Pessel Miliki Potensi Besar untuk Dikembangkan

Jumat, 15 April 2022
.


Pessel - Pesisir Selatan merupakan kabupaten nomor dua terluas dan penduduk nomor tiga paling banyak di Sumatera Barat. Dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten tahun 2022 sebesar Rp1,66 triliun. dengan jumlah nagari yang dimiliki sebanyak 182 nagari. 


"Artinya Pesisir Selatan memang butuh bantuan untuk membangun kabupaten. Namun hal tersebut sangat sulit sekali mengatur itu semua, tanpa dilakukan kolaborasi bersama baik, kabupaten maupun provinsi," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy saat memberi sambutan acara kunjungan safari ramadhan di Masjid Darul Ikhsan Asam Kumbang, Nagari Puluik-puluik Selatan, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (14/4/2022). 


Menurut Wakil Gubernur Audy Pesisir Selatan juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan demi terwujudnya kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Makanya kita sengaja membawa OPD dari Pemprov Sumbar. Agar apa yang bisa di sinergikan, program apa yang bisa dikerjasamakan. Apakah itu di bidang peternakan, perikanan, pertanian, ataupun bidang pariwisata," ujar Wagub.


Tak hanya di bidang pertanian, Pesisir Selatan juga memiliki potensi di bidang pariwisata yang sangat menjanjikan. Karena itu, pemerintah kabupaten perlu mengoptimalkan potensi tersebut. 


"Terutama di Kecamatan Bayang Utara ini kita melihat banyak sekali lokasi desa wisata yang bisa dikembangkan seperti jembatan akar dan air terjun. Silakan disampaikan kepada bupati apa yang bisa dikolaborasikan dengan pemerintah provinsi kami insyaAllah siap membantu," tuturnya.


Terakhir, pada saat yang sama Wagub Sumbar menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta kepada ketua pengurus Masjid Darul Ikhsan Asam Kumbang. 


"Semoga dengan bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya," harap wagub.


Sementara itu, Bupati Pessel dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wendy mengucapakan terima kasih kepada Bapak Wagub, karena dalam satu hari ini beliau sudah dua kali berturut-turut hadir berkunjung ke Pessel.


Sebelumnya sudah berkunjung mewakili pemerintah provinsi menghadiri Peringatan HUT Pessel ke-74, dan berkunjung ke kantor Samsat Sago Salido, di kecamatan IV Jurai, dan harus hadir juga Rapat paripurna di DPRD Sumbar Kota Padang.


"Lalu malam ini beliau juga bersedia hadir kembali kunjungan safari ramadhan di Masjid Darul Ikhsan. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesehatan, energi yang kuat selalu tetap bugar untuk membangun Sumatera Barat khususnya di kabupaten Pessel ini," ujar Wendy.


Selain itu, terkait pembangunan Wendy juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten akan terus melakukan kebijakan-kebijakan dalam hal pembanguan di Pesisir Selatan.


Termasuk kebijakan terkait dengan salah satu pembanguan jalan di Kecamatan Bayang Utara serta Kabupaten Solok, dengan penuh harapan bagaimana jalan Solok tembus bayang dan Alahan panjang bisa di selesaikan dengan tuntas. Tentu juga semua itu tidak lepas dari tanggung jawab bersama, terutama dorongan dari pemerintah provinsi untuk kelanjutan pembanguan jalan tersebut.


"Bapak wakil gubernur kita orang Solok juga. Kami berharap melalui Pak wagub dapat berupaya dalam kelanjutan pembangunan jalan itu, semoga dengan waktu yang tidak lama bisa kita tempuh bersama. Tuntasnya jalan tersebut tentu akan menjadi bagian dari sejarah dan monumen penting dimasa pemerintahanya nanti," harap Wendy.


Turut hadir, Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Kepala Bapenda, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman Pertanahan,

Kabag Bina Mental dan Spiritual, Bupati Pessel diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan pembangunan, dan OPD lingkup pemkab. Pessel, Camat Bayang Utara, Walinagari, Ketua Pengurus, tokoh Masyarakat, Ninik mamak, beserta jamaah Masjid Darul Ikhsan Asam kumbang. (Cs)


Dinas Kominfotik Sumbar.