11 Tentara Mesir Tewas dalam Serangan di Sinai -->

Iklan Atas

11 Tentara Mesir Tewas dalam Serangan di Sinai

Minggu, 08 Mei 2022

Semenanjung Sinai telah lama menjadi titik pertempuran antara Mesir dengan milisi dan kelompok teroris.


KAIRO - Satu perwira dan 10 tentara Mesir tewas di semenanjung Sinai, Mesir pada Sabtu (7/5/2022) ketika kelompok milisi menyerang pos pemeriksaan di stasiun pemompa air, kata juru bicara militer dan sumber keamanan.


Insiden itu merupakan serangan paling mematikan dalam beberapa tahun belakangan di Sinai Utara, di mana pasukan keamanan Mesir memerangi kelompok yang berafiliasi dengan ISIS.


Serangan terjadi pada Sabtu pagi di jalan yang mengarah ke timur dari Terusan Suez ke Hasanah di Sinai Utara, menurut dua sumber keamanan,sebagaimana dikutip okezone.com.


Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu mengungkapkan bahwa milisi menyerang dengan kendaraan yang dilengkapi bom dan menembakkan senjata berat yang dipasang di truk pikap, sebelum bala bantuan militer melawan mereka dan mengejarnya.


"Elemen teroris sedang dikejar dan dikepung di daerah terpencil di Sinai," kata juru bicara Mesir Gharib Abdel Hafez lewat pernyataan, seraya menambahkan bahwa lima orang lainnya terluka dalam peristiwa tersebut.


Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.


Sejak 2018 militer telah memperluas kendali atas daerah pesisir Sinai Utara antara Jalur Gaza di timur dan Terusan Suez di barat, sehingga memungkinkan sejumlah kegiatan sipil dan pengembangan infrastruktur aktif kembali.


Namun, serangan sporadis masih terjadi ketika para milisi mencari perlindungan di daerah gurun di selatan pantai dan menggunakan berbagai taktik seperti menembak dan memasang alat peledak.(*)