Ada Gebyar Pelayanan KB di Padang Panjang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Ada Gebyar Pelayanan KB di Padang Panjang

Rabu, 11 Mei 2022
Seorang ibu muda tengah dilayani program keluarga berencana di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ada gebyar layanan Keluarga Berencana (KB), Rabu (11/5) di Padang Panjang tepat di tempat praktek Bidan Mandiri Yumarnis, SKM, M.MKes di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur.


Hajatan itu digelar Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak (DSPPKBPPPA).


Menurut Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si layanan KB ini bagian kemitraan dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sekaligus memperingati ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71  tahun 2022 .


"Pelayanan KB ini meningkatkan kualitas pelayanan bagi pasangan usia subur dan kegiatan ini ada kaitannya dengan program stunting," jelasnya. 


Gebyar ini digelar secara nasional di seluruh tanah air 18 April lalu sampai 14 mei mendatang di Puskesmas dan PBM di  Padang Panjang. 


Menurut Osman sinergisitas antar-OPD sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).


Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, dr. Faizah menumpangkan harapannya melalui kegiatan ini untuk menyukseskan program yang menjadi isu strategis dalam penangulangan stunting.


Koordinator Bidang KB/KR Perwakilan BKKBN Sumatra Barat, Rismiati, S.E menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu momentum strategis dalam meningkatkan pencapaian peserta KB di Padang Panjang.


BKKBN juga telah meluncurkan  Pil KB bagi ibu menyusui dalam mendukung ASI eksklusif guna mencegah stunting.


Upaya ini untuk menurunkan angka tidak ber-KB karena alasan menyusui. Maka BKKBN telah menyediakan Pil KB yang hanya berisi hormon progestin, sehingga tidak mempengaruhi produksi ASI dan tidak mengganggu kelancaran dalam pemberian ASI eksklusif. (syam)