Angkat Potensi Wisata H. Muhammad Kasmir Kembali Rencanakan Buka jalan Baru Menuju Air Terjun Baburai Silayang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Angkat Potensi Wisata H. Muhammad Kasmir Kembali Rencanakan Buka jalan Baru Menuju Air Terjun Baburai Silayang

Minggu, 08 Mei 2022


Sesudut jalan yang dibangun sebelumnya oleh H. Muhammad Kasmir di Parit Panjang .Lubuk Basung

 Lubuk Basung, fajarsumbar. com– Perantau Agam dari Lubuk Basung, H. Muhammad Kasmir yang didampingi ketua RKKL Jabodetabek, Yoswandi Lelo beserta rombongan melakukan survey jalan menuju Destinasi “Wisata Air Terjun Baburai” di Silayang  Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumatera Barat, Rabu (04/05/22).


Sebelumnya diketahui, perantau Agam, H. Muhammad Kasmir berencana membuka jalan baru menuju lokasi Air Terjun Baburai Silayang. Hal ini telah beliau sampaikan kepada Bupati Agam pada hari pertama lebaran Idul Fitri 1443 H di rumah dinasnya.


“Benar, kami akan membuka jalan baru menuju Air Terjun Baburai. Jalan yang akan dibuka tersebut minimal lebarnya 9 meter”, ucap Kasmir.


Disebutkannya, untuk pembebasan lahan yang terpakai untuk jalan baru, kita minta kepada masyarakat menyerahkannya tanpa ganti rugi dan itu harus ditandatangani diatas segel/materai.


“Kami menunggu laporan dari team, setelah semua persiapan clear kami akan melakukan eksekusi pembukaan jalan baru tersebut”, tukas Kasmir.


Sementara itu Ketua RKKL Jabodetabek, Yoswandi Lelo mengatakan untuk yang pertama ini kita harus siapkan planingnya, jadi setelah ada planing tersebut kita bisa mengerjakannya secara terstruktur. Misalnya diawal kita lakukan pembebasan tanah untuk jalan, setelah pembebasan lahan jalan selesai baru kita lakukan pembukaan jalan. Setelah itu kita setting fasilitas apa saja yang diperlukan di lokasi wisata Air Terjun Baburai.


“Kegiatan yang dilakukan oleh Bapak H.Muhammad Kasmir adalah benar-benar ingin membangun kampuang, artinya tidak ada kepentingan lain”, tegas Yoswandi Lelo.


Dikatakannya, sekarang bagaimana kita mengkondisikan agar rencana ini terlaksana, tentu hal ini perlu dukungan penuh dari masyarakat. Untuk mengurus pembebasan lahan kita sudah serahkan kepada RK, RT dan Ketua Pemuda, untuk administrasi dan pengurusan izin saya sendiri, sedangkan untuk eksekutor dilapangan adalah Bapak H.Muhammad Kasmir.


“Ini merupakan satu kesatuan yang kita buat agar pembukaan jalan menuju destinasi wisata Air Terjun Baburai di Silayang ini terlaksana dengan baik”, ujarnya.


Diharapkannya, mudah-mudahan semua yang kita rencanakan tercapai tanpa ada kendala, karena ini akan membantu perekonomian masyarakat.


Ditempat yang sama, Tokoh masyarakat Silayang yang sekaligus Ninik Mamak, Yanto Dt. Basa mengucapkan terimakasih banyak kepada H. Muhammad Kasmir, Ketua RKKL Jabodetabek beserta yang terkait atas perhatiannya untuk membangun kampung halaman.


“Atas nama masyarakat Silayang, kami sangat berterimakasih kepada perantau yang akan melakukan  pembukaan jalan baru”, tuturnya.


Dilanjutkannya, selain menuju destinasi wisata Air Terjun Baburai, pembukaan jalan baru ini tentu juga akan mempermudah akses masyarakat dalam membawa hasil tani dan otomatis akan membantu perekonomian masyarakat.(Yanto)