Api Berkobar, Pabrik PTPN VI di Pasbar Terbakar Kerugian Ditaksir Rp250 Juta -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Api Berkobar, Pabrik PTPN VI di Pasbar Terbakar Kerugian Ditaksir Rp250 Juta

Kamis, 12 Mei 2022
.


Pasbar - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN VI, persisnya yang berada di Jorong Sarik Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Kabupaten Sumbar terbakar, Rabu (11/5/2022) sekira pukul 15.35 WIB. Kebakaran yang terjadi di Ruangan Elepator Line 1 untuk mengangkat buah brondolan ke gester.


Mulyadi, Assisten Umum dan Humas yang didampingi oleh Ikhsan Mubarik assisten pengelolaan Shift I, serta humas Perusahaan PTPN VI, sore itu saat dikonfirmasi Wartawan, membenarkan telah terjadi kebakaran di pabrik kelapa sawit PTPN VI tersebut. Namun tidak ada korban jiwa, sedangkan data sementara untuk kerugian material diperkirakan lebih kurang  Rp250 juta.


Mulyadi menambahkan, adapun kronologi kejadian berdasarkan kondisi awal di lapangan yakni, saat itu pekerja las, Leo sedang melakukan perbaikan fruit buah elepator dengan cara menggunakan las listrik dan peralatan lengkap.


Diterangkannya, sekitar pukul 15.35 Wib tiba-tiba ada percikan api dari pengelasan yang sedang diperbaiki, kemudian Leo menyelamatkan diri dengan memanjat menggunakan tali Septi menuju lantai atas. 


Selanjutnya, sekitar pukul 15.40 wib api terlihat sudah membesar, langsung Leo berteriak minta tolong dan menyampaikan ada kebakaran di ruang Elepator Line 1.


Mendengar hal tersebut pada pukul 15.45 wib para petugas yang sedang berada di lokasi pabrik langsung melakukan pemadaman secara manual. 


Selanjutnya, pada pukul 15.50 Wib, ia langsung menelpon Damkar Kabupaten Pasaman Barat di Simpang Empat dan Damkar Kecamatan Kinali.


Dikatakannya, pada pukul 16.05 wib, mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi dan terlihat seluruh petugas berjibaku berusaha memadam kan api hingga sekitar pukul, 16.30 WIB. api pun berhasil dipadamkan.


Menurutnya, saat ini peristiwa kebakaran tersebut sudah ditangani oleh pihak-pihak yang berwenang sedangkan untuk pemicu kebakaran sedang dilakukan proses pemeriksaan secara menyeluruh.


Ditambahkannya, berdasarkan standar kerja hari itu, bahwa segala sistem yang berjalan di pabrik sudah sesuai Standard Operating Procedure (SOP).


“Manajemen PTPN VI mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu untuk memadamkan api di PKS Sarik Koto Baru," Ujarnya. 


Kapolsek Pasaman, AKP Rosminarti, SH. saat dikonfirmasi di Simpang Empat, kepada awak media ini membenarkan kejadian dan saat ini anggotanya sedang melakukan penyelidikan terkait kebakaran itu.(DJ/By Roni)