Bawaslu Pd.Pariaman Lakukan Survey Kinerja, Diperoleh IKM 75,14 Persen -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bawaslu Pd.Pariaman Lakukan Survey Kinerja, Diperoleh IKM 75,14 Persen

Senin, 30 Mei 2022
Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq didampingi Kordiv PHAL Rudi Herman dan Kordiv HPP Zainal Abidin Tk.Sinaro (foto.dok.Heri)


Pauah Kamba - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) baru-baru ini. Terutama tentang indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bawaslu Padang Pariaman



Kepala Sekretariat Bawaslu Padang Pariaman Baiq Ulfaini kepada fajarsumbar.com, di Kantornya, Senin (30/05/22), menyebutkan survei ini didanai melalui DIPA anggaran Bawaslu tahun 2022.


Ia menyebutkan untuk petugas survei yang turun lansung kelapangan  memakai tenaga staf yang bekerja di Bawaslu Padang Pariaman. 


Sedangkan, Ketua Bawaslu Anton Ishaq mengatakan, pelaksanaan survey, kami memakai teknologi digital. Petugas langsung turun kelapangan untuk menjumpai para responden. Tentu saja menjawab pertanyaan dengan memakai android sebagai medianya. 


"Kami tidak memakai sample dalam survey ini, karena jumlah responden hanya 110 orang. Dan kami meneliti seluruh populasi yang ada, jadi 110 responden itu dapat dikatakan sebagai sample jenuh" jelas Anton Ishaq. 


Ia menyebutkan, didalam 110 responden, kami mendapatkan 52 orang laki-laki (47 %) dan terdapat 58 orang (53 %) responden dari perempuan.


Dalam survey itu, sebut Anton Ishaq,untuk rentang usia yang dominan adalah mereka yang berusia 31-50 tahun sebesar 68 %, Jenjang Pendidikan responden yang dominan dalam survey mereka yang berlatar Pendidikan  S1 dan D4 sederajat. 


Sedangkan untuk profesi yang menjawab hasil survey itu adalah ASN dan Guru-guru sebanyak 33 orang (33 %), Aktivis dan pegiat sosial 10 orang (9 %) dan yang lain-lainnya seperti pelajar dan mahasiswa, perangkat Nagari, petani, pegawai swasta sampai ibu rumah tangga. Untuk pengisian kuesioner kita siapkan 27 pertanyaan, tutur Anton Ishaq.


Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerja Tim. Yakni bersama koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan antar Lembaga dan Humas Rudi Herman, juga Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Zainal Abidin Tk.Sinaro.


"Bawaslu Padang Pariaman sangat apresiasi dengan hasil survey IKM. Karena, ini merupakan persepsi publik dalam memandang serta menilai Bawaslu Padang Pariaman. Ini murni dari sudut pandang pribadi responden" ujar Anton Ishaq yang juga Alumni HMI ini. 


Ia menegaskan, pencapaian hasil IKM sebesar 75,14 % ini, kami jadikan motivasi dan cambuk agar lebih baik lagi dimasa masa mendatang. Terutama sekali dalam tugas pengawasan dan penyediaan informasi publik serta membangun kerja sama dengan stackholder. 


"Tentu saja KPU merupakan mitra penyelenggara yang  penting bagi kami" ujar Anton Ishaq mengakhiri. (Heri)