Capaian Imunisasi Menurun Peranaktif Masyarakat Ditunggu -->

Iklan Atas

Capaian Imunisasi Menurun Peranaktif Masyarakat Ditunggu

Selasa, 10 Mei 2022

 



Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Capaian Imunisasi Dasar Lengkap pada tahun 2020 dan 2021 menurun akibat pandemi  Covid-19. Untuk meningkatkan capaian imunisasi pada anak, Walikota Padang Panjang,  Fadly Amran,  mengajak seluruh elemen masyarakat berperan aktif  mengedukasi dan mendorong  ibu yang memiliki balita untuk segera mendapatkan imunisasi.


Hal tersebut disampaikan Fadly Amran saat membuka kegiatan sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), di audiotorium Mifan Waterpark, Selasa (10/5).


Dikatakan dalam program ini terdapat dua kegiatan.  Imunisasi tambahan satu dosis untuk mencegah campak dan rubella, serta imunisasi kejar bagi balita yang belum lengkap imunisasinya.


“Turunnya capaian imunisasi dasar lengkap akibat pandemi menyebabkan gangguan rantai pasokan vaksin, adanya aturan pembatasan kegiatan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas, serta fenomena orang tua atau wali asuh enggan ke fasilitas kesehatan karena takut tertular Covid-19,” ungkapnya.


Dampak penurunan  ini dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya daerah yang berpotensi menjadi sumber kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), tidak terkecuali  terjadi di Padang Panjang. 


Vaksin yang diberikan adalah vaksin/imunisasi yang telah mendapat persetujuan dari WHO (World Health Organization). Aman dan terbukti secara ilmiah efektif mencegah penyakit seperti campak, rubella, polio, difteri, dan tetanus. 


“Dengan adanya vaksin ini diharapkan anak-anak terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat berakibat kematian,” katanya. (syam)