CJH Padang Panjang Tes Kebugaran -->

Iklan Atas

CJH Padang Panjang Tes Kebugaran

Kamis, 12 Mei 2022
Para calon jemaah haji (CJH ) usai mengikuti tes kebugaran di Bancah Laweh, Kamis (12/5).


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Padang Panjang mengikuti tes kebugaran di lapangan Bancah Laweh, Kamis (12/5). 


Sub Koordinator Kesehatan Kerja Olahraga Dinas Kesehatan (Dinkes) Novriza Yulida, SKM yang tergabung dalam tim pemeriksaan kebugaran JCH mengatakan, ada 44 JCH ikuti tes guna mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya. 


"Kami melakukan tes ini dengan metode rockport. Metodenya, para JCH berjalan atau berlari sejauh 1,6 km atau empat kali keliling lapangan kecil Bancalaweh. Diberikan istirahat 15 menit dan diukur kembali nadinya," jelasnya. 


Sebelum melakukan metode ini, para JCH diperiksa tensi, tekanan darah, pengukuran nadi dan wawancara riwayat sakit. Apabila nanti dokter membolehkan untuk ikut lari, maka diikutsertakan. Apabila tidak, tidak akan ikut. 


"Dari sekian banyak JCH, yang ada tujuh orang yang tidak bisa ikut tes karena ada riwayat penyakit. Tapi ini bukan berarti JCH ini tidak berangkat, cuma ada catatan saja nantinya," katanya. 


Untuk pengukuran kebugaran dilakukan dua kali. Yaitu enam bulan dan tiga bulan sebelum berangkat. Jadi sembari menunggu kepastian keberangkatan sekarang diukur kebugaran mereka. 


Tahun kemarin tim juga telah memeriksa kebugaran para JCH. Namun karena ditunda, makanya hari ini dites lagi. 


Dari tes kebugaran ini, nanti dapat diketahui bagaimana kondisi semua JCH Padang Panjang. Hasilnya, belum bisa disampaikan karena ini akan diukur melalui tabel pengukuran oleh dr. Yenita Saraswati dan dr. Yenni Asril. 


"Semoga hasil dari tes para JCH bisa berangkat dengan kondisi yang bugar," katanya. (syam)