KKG SD/MI Payakumbuh Utara/Latina Gelar Halal Bi Halal -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

KKG SD/MI Payakumbuh Utara/Latina Gelar Halal Bi Halal

Rabu, 11 Mei 2022
Mesjid Jihad kelurahan Parik Muko Aia penuh sesak oleh jemaah halal bi halal KKG Payakumbuh Utara/Latina


Payakumbuh, fajarsumbar -- Kelompok Kerja Guru Kecamatan Payakumbuh Utara dan Lamposi Tigo Nagori sejak terbentuk belasan tahun lalu dikenal aktif dalam kegiatannya, termasuk dalam kegiatan keagamaan. Kekompakan dan soliditas ini menuai apresiasi dari Kepala Kankemenag dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, dari dulu.


Sebagaimana tampak pada hari ketiga pasca cuti bersama Idul Fitri 2022, Rabu (11/05/2022) pagi, KKG SD/MI Payakumbuh Utara/Latina melaksanakan Halal Bi Halal (HBH) yang diisi dengan tausiyah yang disampaikan ustad H. Irusli. Kegiatan HBH dipusatkan di Mesjid Jihad Kelurahan Parik Muko Aia kecamatan Latina.


Selain dihadiri ratusan guru, Pengurus KKG, tampak dihadiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKS), Pengawas, Kepala Kankemenag dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


Usai mendengar tausiyah, Ketua KKS Ananda Putra yang kini menjabat Kepala SDIT IPHI Kota Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat idul fitri kepada semua hadirin. Dirinya juga berterima kasih kepada Pengurus KKG PAI dan pengurus mesjid  atas konstribusi demi suksesnya acara ini. Terima kasih juga disampaikannya kepada Kepala Kankemenag dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan jajaran, atas dukungan dan menghadiri langsung kegiatan halal bi halal ini.


"Bersama, kita selalu bertekad K3S Utara dan Latina jadi yang terdepan untuk memajukan pendidikan di Payakumbuh Utara dan Latina,"sambutnya.


Ungkapan senada juga disampaikan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh yang kesempatan itu diwakili Kasi PAIS, Kanapi. Dirinya berharap agar nilai yang didapat di bulan Ramadhan selama ini, bisa dilestarikan di luar Ramadhan. Apalagi di bulan Sawal, bulan peningkatan.


"Sawal, artinya peningkatan. Silahkan kita ambil maknanya, khususnya bagi kita keluarga besar di dunia pendidikan. Bagaimana kita hadir menjadi contoh yang baik dan mendampingi peserta didik, agar kelak bisa jadi contoh terbaik juga,"ajak Kanapi diamini Ketua KKG PAI, H. Arfah. 


Apresiasi atas keaktifan KKG Utara/Latina juga disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, H. Dasril.


Kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan beberapa informasi penting dunia pendidikan nasional yang sedang dijalankan di Kota Payakumbuh.


"Dalam record kami, KKG Utara/Latina sangat aktif dan giat, sejak dulu. Baik saat kami menjadi guru, hingga kini kami diamanahi sebagai Kepala dinas. Melalui kegiatan ini kita satukan tekad bersama, bagaimana kita bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik kita,"sebut Dasril.


Dilanjutkannya, terima kasih kepada semua guru, pengawas yang telah melibatkan diri dalam akun belajar.id, termasuk siswa.


"Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh komit menjalankan Kurikulum Merdeka. Pemko Payakumbuh pun lahirkan 3 kebijakan untuk itu. Kita harus siap, apapun kebijakan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Program Sekolah Penggerak adalah pilihan kita di Payakumbuh. Sejumlah Kepala dan guru sudah mengikuti pelatihan. Alhamdulillah, banyak guru kita yang mendaftar PGP dan telah ikut tahap seleksi,"terang Dasril.


Terkait PPDB, Dasril menegaskan bahwa untuk pemerataan, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh terapkan aturan zonasi satu pintu. Ini merupakan kebijakan untuk menghidupkan sekolah. 


Kita berada dalam pilihan, sekolah kita isi atau Kita ditutup ?. Untuk kita pahami, saat ini sekolah swasta paling diminati. Rata-rata diisi anak pejabat serta anak pengusaha. Kita harus komit, agar sekolah negeri tidak ditutup, zonasi adalah salah satu langkah tepat. Untuk diketahui, dari 66 SDN di Payakumbuh, 5 SDN adalah sekolah yang paling banyak peminatnya. Bagaimana dengan nasib 61 SDN lainnya. Ini jadi tugas kita, bagaimana sekolah kita tetap ada siswanya secara merata melalui zonasi. Dan Pemko Payakumbuh pun sudah menjawab kondisi kekurangan guru melalui. Program P3K sudah menjawabnya. Dan Pemko Payakumbuh sudah mengangkat guru P3K itu, dan akan disebarkan untuk sekolah yang kurang guru,"beber Dasril.


Diakhir sambutan, Dasril menyampaikan informasi penting terkini jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Dirinya juga mengajak para guru untuk menyukseskan Hardiknas. Di Payakumbuh akan diperingati tanggal 13 Mei 2022 di lapangan Balai Kota Payakumbuh. Mengingat masih di masa pandemi covid-19, peringatan Hardiknas akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.


Dasril juga mengajak jajarannya untuk menyukseskan program Baznas dan Diknas. Dikatakan Dasril, ada 81juta zakat terkumpul di jajaran diknas setiap bulannya. 60persennya disalurkan di sekolah jajaran Diknas.


"Mari kita salurkan zakat kita ke Baznas, disamping mensucikan harta menuju ridho dan berkah Allah, secara tidak langsung Kita dan Baznas ikut memberantas kemiskinan dan buta huruf. Kalau ada siswa kita, dan tetangga kita yang layak menerima zakat, silahkan kita usulkan,"ulas Dasril.


Terkait kemajuan literasi di dunia pendidikan  Dasril mengajak gurunya untuk ikut mengisi halaman Guru Menulis di Koran Padang Ekspres untuk terbitan Kamis. Karya literasi siswa pun boleh dimuat laman tersebut.


Diakhir sambutan, Dasril sampaikan selamat idul fitri 1443H/2022M kepada hadirin yang hadir dalam HBH siang itu.


"Selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin. Kami mohon maaf jika pelayanan kami kurang memuaskan, dan mungkin ada kebijakan kami yang kurang berkenan, selama ini,"pungkasnya.(Ul)