Masyarakat Nagari Koto Nan Duo Makan Bajamba Bersama Bupati Pessel -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Masyarakat Nagari Koto Nan Duo Makan Bajamba Bersama Bupati Pessel

Rabu, 11 Mei 2022
.


Pessel, fajarsumbar.com - Masyarakat Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan makan bajamba bersama Bupati Rusma Yul Anwar. 


Dalam kesempatan itu juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Mawardi Roska dan sejumlah kepala dinas serta Anggota DPRD Dapil I Pesisir Selatan, Feby Rifli.


Bupati Rusma Yul Anwar menyambut baik atas gelaran Festival Anak Nagari yang diselenggarakan Nagari Koto Nan Duo, salah satunya dengan mengadakan makan bajamba.


Wali Nagari Koto Nan Duo, Mahardicka menyebutkan Festival Anak Nagari tersebut merupakan acara yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie ke 13 dan diperingati setiap tanggal 11 Mei. 


Meskipun HUT ke 13, namun sebut Mahardicka  hal itu baru pertama kali dilaksanakan. Kegiatan tersebut terselenggara berkat partisipasi semua masyarakat baik yang berada di kampung halaman maupun yang berada di perantauan.


Dalam kegiatan tersebut, panitia menyelenggarakan beragam perlombaaan. Mulai dari lomba sepeda santai, sepak bola kaki, maraton serta menggambar tingkat anak-anak, lomba adzan dan lomba penyuluhan bagi kader posyandu.


Aneka ragam hadiah  juga disediakan bagi peserta yang memenangkan perlombaan. Mulai dari doorprize hingga uang tunai.


Festival Anak Nagari itu, bahkan juga terlihat lebih semarak di malam hari. Kesemarakan itu ditambah dengan adanya penampilan kesenian rabab di pentas seni anak nagari.


Kegiatan yang cukup semarak ini bahkan diapresiasi oleh Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Titi Rusma Yul Anwar dan Bupati Rusma Yul Anwar.


Kegiatan itu juga merupakan pertama kalinya yang berani diangkat oleh Wali Nagari Koto Nan Duo dari 182 nagari yang ada di Pesisir Selatan.


Sebagai Wali Nagari yang baru, Mahardicka optimis apapun kegiatan yang dilaksanakan di wilayah kekuasaannya, jika dibersamai dengan kekompakan dan dukungan dari masyarakat maka ragam rintangan dan persoalan dapat terselesaikan dengan mudah.


"Ini yang pertama, Insyaalah akan terus kita lanjutkan dengan penuh makna setiap tahunnya," katanya.


Pada momen makan bajamba Mahardicka bahkan merasa terharu, ia sempat menangis akan suka dan duka dalam menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Nagari.


Meski demikian, dia tak pantang surut. Dia dan bersama 4500 anak Nagari Koto Nan Duo siap untuk melakukan perubahan lebih baik.


"Apapun cobaan dan rintangannya, 4500 anak nagari disini siap untuk perubahan yang lebih baik lagi," ujarnya.(wandi)