Nagari Berlantai Emas Tetapi Miskin Jaringan Telekomonikasi BumNag Sediakan Sarana Telkom Desa -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Nagari Berlantai Emas Tetapi Miskin Jaringan Telekomonikasi BumNag Sediakan Sarana Telkom Desa

Selasa, 03 Mei 2022
Sebuah menara Telkom Desa berdiri di Nagari Pakan Rabaa Timur, menjawab ketertinggalan. Abg


Solsel, fajarsumbar.com --- BumNag Nagari Timur Sejati Pakan Rabaa Timur, kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan (Sumbar), sudah memiliki jaringan Internet Telkom Desa.


Nagari memiliki tujuan mencerdaskan anak nagari dari informasi dan perkembangan teknologi, yang memudahkan pemilik HP Android untuk berkomonikasi melalui Media Sosial ke berbagai penjuru. 


Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril mengatakan, warga kami tidak kesulitan lagi untuk berkomonikasi, luar dan dalam nagari untuk mendapatkan informasi terkini, terutama anak anak sekolah yang belajar online. 


Selama ini masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur jauh tertinggal dari daerah lain, orang menjagokan nagari ini berlantai emas, akan tetapi masih tertinggal dari alat komonikasi dizaman canggih ini. 


Berkat kerja sama dan dukungan semua pihak, bahwa program nagari akan mencoba memfasilitasi kondisi ini dengan melibatlan BumNag belerja sama dengan pihak Telkomsel bernama Telkom Desa. 


Setelah mendapat rekomendasi dari pihak terkait, proposalnyang telah kami ajukan ke pihak Telkom Desa, akhirnya disetujuilah program ini. 


Modal awal tower sebesar Rp 110 juta, menggunakan dana investasi BumNag sehingga tercapai dua bush tower Telkom Desa, setidaknya nanti diperlukan sebanyak 6 tower, jika perlu satu jorong satu tower. 


Saatnini baru dua tower yang telah difungsikan pertama di Jorong Ladang Kongsi, dan Jorong Pasia Putiah, Alhamdulillah kerja keras semua berbuah hasil. 


Pendapatan satu minggu lebih kurang Rp 5 juta dan satu bulanya mencapai lebih kurang Rp 19 juta, dikali 6 tower nantinya, lumayan pendapatan nagari," ucap Nasril. 


BumNag menjual vocer di 6 buah conter yang ada di nagari ini, 65 MBPS yang tersedia untuk Nagari Pakan Rabaa


Penjualan voecer  bervariasi Rp 2000 selama tiga jam,24 jam Rp 8000, tiga hari Rp 20.000, satu minggu Rp 35 ribu, dan satu bulan Rp. 80000, yang banyak terjual voecer Rp 2000 dipakai oleh anak anak. 


Berpacu dengan teknologi dizaman canggih ini, nagari kami tidak lagi ketinggalan informasi, apa yang terjadi diluar sana sudah bisa dilihat dan diketahui masyarakat dalam waktu cepat. 


BumNag Timur Seja, dengan kontrak kerja sama membayar ke Satelit Nusantara (Satwan) sebesar Rp 6.685.000 per bulan untuk dua tower. 


BumNag Timur Sejati, semenjak beroperasi telah memiliki keuntungan per bulan lebih kurang 13 juta dikurangi vi 10 persen untuk orang yang mengurus conter  Tellom Desa. 


Selain itu Nagari juga memiliki alat musik orgen tunggal untuk disewakan pada acara acara besar, dan ini sudah jalan sejak enam bulan belakangan ini sudah mencapai lebih kurang Rp 37 juta keuntungan atau aset. 


Pendapatan bersih atas sewa menyewa orgen tunggal satu kali main 600 ribu bersih, pihak BumNag menyerahkan semua ini kepada, pengelola, pada intinya BumNag hanya menerima upah bersih saia sebesar Rp 600 ribu. 


Nasil optimis. BumNag Timur sejati ini baru jalan 2 tahun dan memasuki tahun ketiga, diperkirakan tahun keempat pendapatan BumNag akan lebih meningkat dan bisa mensejahterakan ekonomi masyarakat dinagari yang jauh dari pusat keramaian ini.Abg