Pawai Takbiran di Kota Padang Semarak -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pawai Takbiran di Kota Padang Semarak

Minggu, 01 Mei 2022
.


Padang - Meski di tengah kondisi cuaca hujan, pawai takbiran di Kota Padang menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 tetap dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Kesra.


Pawai Takbiran yang diikuti utusan 11 kecamatan se-Kota Padang itu tetap berlangsung semarak dengan dilepas Wali Kota Padang Hendri Septa di Masjid Agung Nurul Iman, ba'da Isya, Minggu (1/5/2022).


Terlihat, masing-masing rombongan peserta pawai bersemangat memukul bedug, memegang obor dan mendengungkan alunan takbir di kesempatan itu.


"Alhamdulillah kali ini bisa menggelar pawai takbiran di Kota Padang meski dua kali Lebaran tidak melakukannya akibat pandemi Covid-19. Saat ini Covid-19 sudah melandai dan kita pun dibolehkan pihak terkait melakukannya," ungkap Wali Kota hendri Septa.


Wali Kota agamis itu menyebutkan sejatinya makna dari melakukan pawai takbiran adalah menjadi sebuah kebahagiaan karena sudah menyelesai sebuah ujian yakninya berpuasa Ramadan sebulan lamanya. Baik ujian menahan lapar dan haus serta menahan hawa nafsu dan hal yang dilarang lainnya selama berpuasa.


"Untuk itu, hal lumrah bagi kita umat Islam merayakan rasa syukur dan kemenangan dengan menggelar pawai takbiran ini. Alhamdulillah tadi kuta sempat khawatir karena sebelumnya cuaca hujan, tapi atas izin Allah SWT hujannya berenti dan kita dapat melakukan pawai takbiran yang kita tunggu-tunggu tersebut," ujarnya didampingi Kabag Kesra Fuji Astomi.


.


Adapun kata Wako Hendri Septa, untuk pawai takbiran kali ini diikuti utusan kecamatan yang dipimpin Camat bersama Lurah masing-masing.


"Setelah dilepas iring-iringan pawai akan berkeliling ke kecamatan dan kelurahan masing. Semoga dengan itu suasana malam takbiran bagi masyarakat di Kota betul-betul terasa. Insya Allah besok Senin (2/5/2022) kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dan kita Pemko Padang akab menggelar salat Ied di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang Aie Pacah."


"Mari kita bersama-sama salat Ied di sana, dan saya juga akan menggelar 'open house'. Warga Kota Padang silahkan berlebaran ke kediaman resmi saya di Jalan A. Yani No.11," ucap Wali Kota milenial tersebut sembari atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.


Dalam kesempatan itu juga hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang. Diantaranya Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Camat dan Lurah se-Kota Padang. (*)