Pelayanan Puskesmas di Pessel Terus Ditingkatkan -->

Iklan Atas

Pelayanan Puskesmas di Pessel Terus Ditingkatkan

Selasa, 10 Mei 2022
.


Pessel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan secara bertahap tetap upayakan peningkatkan standar dan kualitas pelayanan medis di tingkat puskesmas.


Hal itu disampaikan Bupati Rusmayul ANwar, Senin (10/4) di Painan.  "Melalui peningkatan standar dan kualitas pelayanan di tingkat puskesmas itu, maka pasien dengan penyakit tertentu bisa mendapatkan pelayanan rawat inap di puskesmas. Atau tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr M Zein Painan, bila memang tidak membutuhkan rawatan lanjutan," katanya.


Menurutnya, pihaknya akan terus upayakan peningkatan kualitas layanan  di tingkat puskesmas. termasuk peningkatan akreditasinya. 


"Sebab kita memang menargetkan semua puskesmas di daerah ini memenuhi standar pelayanan yang maksimal, serta juga terakreditasi. Tujuannya agar mutu dan kualitas pelayanan kesehatan benar-benar tercapai dan didapatkan oleh semua masyarakat secara merata pada semua kecamatan," katanya.

 

Dia juga menegaskan agar puskesmas juga terus berupaya meningkatkan kesehatan perseorangan, serta meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan dan penyembuhan penyakit. "Semua itu adalah untuk mendukung pencapaian standar pelayanan minimal di bidang kesehatan," ungkapnya.


Terkait hal itu, kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, ketika dihubungi mengatakan bahwa daerah itu sekarang menargetkan akan mengakreditasi 21 puskesmas yang ada. Upaya itu dilakukan pihaknya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Selain itu dia juga meminta dan menegaskan semua puskesmas di daerah itu supaya dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat, atau di wilayah kerjanya. "Tujuannya agar kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas semakin meningkat pula," ungkapnya.


Ditambahkan lagi bahwa pembangunan sektor kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Dalam hal itu, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan langkah nyata seperti upaya promotif preventif, serta peningkatan kualitas baik dari segi infrastruktur, sistem pelayanan, hingga peningkatan kualitas SDM bidang kesehatan.


"Karena Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat, makanya standar pelayanannya akan terus kita ditingkatkan pada semua puskesmas di daerah ini," timpalnya. (Wandi)