Perompak Bersenjata Api Nekat Bajak Kapal di Sungai Kapuas, Satu ABK Tertembak -->

Iklan Atas

Perompak Bersenjata Api Nekat Bajak Kapal di Sungai Kapuas, Satu ABK Tertembak

Kamis, 12 Mei 2022

Barang bukti yang diamankan polisi.


PONTIANAK- Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) dan tim gabungan terus memburu tiga kawanan perompak bersenjata api yang berusaha merampok di kapal TB Legasea I, di kawasan Sungai Kapuas.


Ketiga pelaku dalam melakukan aksinya dengan membuntuti kapal TB Legasea di bagian buritan menggunakan sampan kecil saat berlayar di kawasan Sungai Kapuas.


Atas aksi kejahatan tersebut mengakibatkan seorang anak buah kapal (ABK) kapal TB Legasea mengalami luka tembak di bagian lengan kanan, sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Diduga kuat para perampok itu menggunakan senjata jenis airgun, dengan jumlah tiga orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan di Pontianak, Kamis (12/5/2022).


Aksi perampokan tersebut berhasil digagalkan oleh para ABK kapal TB Legasea dengan cara melemparkan kayu, sehingga perampok itu mengurungkan niatnya untuk merampok kapal itu.


"Begitu mendapat laporan tim gabungan dari Polair, Jatanras dan Ditkrimum Polda Kalbar langsung mengejar tiga pelaku perampokan yang berusaha merampok sebuah kapal di perairan Sungai Kapuas,” ungkapnya.


Dia menjelaskan, dari hasil pengejaran tim gabungan itu, polisi berhasil menahan satu unit perahu yang diduga digunakan oleh ketiga perampok dalam melakukan aksi kejahatannya.


"Untuk sementara ini, kami menahan perahu tersebut, sementara untuk ketiga pelakunya masih dalam pengejaran," ujarnya.

Dia berharap kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan tiga pelaku itu agar secepatnya melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat sehingga bisa secepatnya ditangkap untuk diproses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.(*)