Polda Sumbar Urai Kemacetan saat Lebaran, Ini Titik-Titik Simpul Penumpukan Kendaraan -->

Iklan Atas

Polda Sumbar Urai Kemacetan saat Lebaran, Ini Titik-Titik Simpul Penumpukan Kendaraan

Jumat, 06 Mei 2022

 

Kendaraan yang menuju Bukittinggi dari arah Padang Panjang. 

PADANG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat mengerahkan personel untuk mengurai kemacetan saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah. Mereka bertugas di sejumlah titik yang menjadi simpul kemacetan. 


Kabag Binops Ditlantas Polda Sumbar AKBP Derry Indra mengatakan, kondisi terkini terjadi perlambatan arus lalu lintas akibat meningkatnya jumlah kendaraan di provinsi tersebut. Banyak kendaraan yang masuk ke Sumbar dari provinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan Bengkulu.


"Petugas juga melakukan kanalisasi sebagai upaya mengurai penumpukan kendaraan di beberapa titik yang menjadi penyebab kemacetan," ujarnya, Kamis (5/5/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Apalagi di Sumbar banyak destinasi wisata yang menjadi idaman untuk dikunjungi saat momentum Hari Raya Idul Fitri sehingga jumlah kendaraan yang ada di jalan raya cukup meningkat dan terjadi perlambatan.


Dia mencontohkan, untuk jalur Kota Padang menuju Bukittinggi menjadi rute terpadat. Sebab Bukittinggi merupakan destinasi wisata yang menjadi tujuan kunjungan.


Selain jumlah kendaraan yang banyak, ada beberapa simpul kemacetan di jalur tersebut. Seperti di perlintasan kereta api Lubuk Alung, Pasar Lubuk Alung dan Simpang Tiga Pasar Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman.



Kemudian ada simpul kemacetan di Lembah Anai dan Pasar Koto Baru di Padang Panjang dan di Padang Lua, Kabupaten Agam. Sementara di Bukittinggi, kapasitas jalan sangat terbatas dan jumlah kendaraan yang masuk ke daerah itu meningkat sehingga terjadi kepadatan.


Hal serupa terjadi di jalur Padang Panjang menuju Solok melalui Danau Singkarak yang padat karena pengendara menghindari akses Padang menuju Bukittinggi.


Sementara di jalur Padang menuju Painan, terjadi perlambatan karena jumlah kendaraan yang padat melalui jalur tersebut.


Menurutnya, Ditlantas Polda Sumbar tetap berusaha agar arus lalu lintas berjalan meski ada perlambatan yang disebabkan sejumlah hal. Mulai dari pengendara yang berhenti di rumah makan, musala dan lainnya.


Dia mengatakan, di setiap Pos Pengamanan Polda Sumbar, personel bertugas membantu arus lalu lintas agar berjalan lancar.


"Kami mengimbau pengendara agar selalu berhati-hati, waspada dan beristirahat apabila kelelahan," ucapnya. (*)