Prajurit Lawan 9 Pelaku Begal, Kadispenad: TNI AD Harus Berikan Rasa Aman kepada Masyarakat -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Prajurit Lawan 9 Pelaku Begal, Kadispenad: TNI AD Harus Berikan Rasa Aman kepada Masyarakat

Rabu, 11 Mei 2022

 

Prajurit TNI AD gagalkan pelaku begal 

JAKARTA - Komplotan begal lari kocar-kacir setelah nekat membegal dua orang prajurit TNI AD dari kesatuan Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya di kawasan Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu 7 Mei 2022. Keduanya pun tak gentar menghadapi pelaku yang berjumlah 9 orang itu.


Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan apresiasi kepada aksi heroik Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela, yang berhasil menangkap salah satu pelaku begal, sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Pimpinan TNI AD mengapresiasi tindakan cepat dan sigap kedua orang prajurit TNI AD saat menggagalkan aksi kawanan begal tanpa memikirkan keselamatan jiwanya,” kata Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna.


Dia menuturkan, tindakan berani kedua prajurit TNI AD tersebut mencerminkan salah satu dari tujuh Perintah Harian KSAD. Yakni TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.


"Inilah dampak dari keberadaan TNI AD dalam memberikan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat, terutama dari tindakan kejahatan yang sewaktu-waktu selalu mengintai masyarakat,” jelasnya.


Sekadar informasi, pelaku begal tersebut diduga salah sasaran. Adapun kronologinya, 2 anggota TNI itu tengah dalam perjalanan kembali ke Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya usai berbelanja membeli kebutuhan bahan dapur satuan di Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2022) pagi.


Kemudian, saat tiba di dekat SMPN 29 Jaksel, 2 anggota TNI yang menaiki sepeda motor itu mendadak didatangi sejumlah pemotor dan berniat menghentikan kendaraan 2 angggota itu.


Salah seorang pelaku berupaya melempar batu ke arah anggota tapi berhasil dihindari. Korban melakukan perlawanan dengan menendang salah satu motor pelaku hingga terjatuh dan segera diamankan, sedangkan pelaku-pelaku lain berhasil melarikan diri.


Satu orang pelaku tersebut kemudian diserahkan ke Polsek Kebayoran Baru untuk dilaporkan dan diproses hukum. Diduga 9 pelaku begal dalam pengaruh minuman keras atau alkohol.(*)