Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.: Target UNP Menjadi Universitas Berkelas Dunia -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.: Target UNP Menjadi Universitas Berkelas Dunia

Rabu, 11 Mei 2022


.


Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) saat ini, telah memiliki akreditasi unggul sehingga perlu kebijakan selanjutnya untuk mendorong pembukaan program studi baru yang sesuai dan dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia industri.
Selain itu, UNP diharapkan dapat memenuhi target menjadi universitas berkelas dunia untuk beberapa tahun yang akan datang.

Demikian disampaikan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya pada kegiatan Silaturahmi Sivitas Akademika dan melepas pensiunan, serta melepas sivitas akademika yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2022 pada Rabu (11/05/2022) di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.

Kegiatan silaturahmi ini dihadiri Rektor, Wakil Rektor, Pimpinan dan anggota MWA, Pimpinan dan anggota SAU, Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Asisten Direktur, Kepala Departemen, Koordinator Program Studi, Kepala Labor, Pimpinan Organisasi Mahasiswa, dan Pensiunan Universitas Negeri Padang, serta para lembaga perbankan yang diundang oleh Universitas Negeri Padang.


Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa banyak Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Kota yang memohon dan mendukung Universitas Negeri Padang membuka Kampus di Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat sebagai bentuk kepedulian Universitas Negeri Padang kepada daerah.

"Pada saat ini, UNP merupakan satu-satunya universitas yang memiliki akreditasi unggul di Sumatera Barat," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Lebih lanjut kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., Universitas Negeri Padang sekarang sedang berupaya untuk mencapai target universitas berkelas dunia dengan meningkatkan capaian reputasi akademik, reputasi alumni di tingkat dunia, sitasi karya ilmiah dosen, mahasiswa internasional, rasio dosen dan mahasiswa, serta beberapa aspek lainnya.

Untuk perlu mendorong dosen-dosen agar melakukan penelitian dan mempublikasikan artikel hasil penelitian tersebut ke dalam Jurnal Bereputasi Internasional. Pimpinan UNP memotivasi dan memberikan penghargaan secara finansial untuk dosen yang mempublikasikan artikel di jurnal internasional tersebut.

"Pembukaan organisasi baru yang dibutuhkan oleh masyarakat serta dibutuhkan oleh dunia industri terus didorong sebagai terobosan baru untuk mencapai lompatan untuk masa selanjutnya," tambah Prof. Ganefri.

Menurutnya, untuk mencapai lompatan baru tersebut, UNP membuka peluang kepada dosen internasional terutama yang berasal dari Sumatera Barat untuk diterima sebagai dosen di UNP.

"Untuk menjadi universitas berkelas dunia tersebut, sebut Prof Ganefri sangat perlu peningkatan reputasi akademik dan terutama jumlah dan kualitas dosen internasional di UNP sebagai terobosan baru dan perlu dilakukan.

Dampak akhirnya melalui peningkatan jumlah dan kualitas dosen, kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., adalah peningkatan sitasi karya ilmiah dosen UNP untuk masa datang. ( * )