Ribuan warga Payakumbuh Shalat Ied di Halaman Balai Kota -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Ribuan warga Payakumbuh Shalat Ied di Halaman Balai Kota

Senin, 02 Mei 2022
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sampaikan sambutan 


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Sejak malam hari, suara takbir, tasbih dan tahmit berkumandang dan bergema di setiap sudut Kota Payakumbuh setelah pemerintah melalui Menteri Agama memutuskan hasil sidang istbat, bahwa 1 Sawal 1443H jatuh Senin pada 2 Mei 2022.


Dari itu, Pemko Payakumbuh memfasilitasi warganya untuk dapat shalat Idul Fitri secara berjemaah di halaman Balai Kota Payakumbuh, disamping shalat Ied yang dilaksanakan masyarakat di lapangan shalat ied yang ada di kelurahan. Untuk sementara, jalan raya di seputaran halaman Balai Kota ditutup sampai pelaksanaan shalat ied selesai. 


Di lapangan shalat Ied di halaman Balai Kota, tampak penuh sesak, telah dihadiri Wali Kota Payakumbuh, H. Riza Falepi, bersama Ketua DPRD, Hamdi Agus, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh H. Ramza Husmen, Sekdako Rida Ananda bersama Asisten III Amriul Dt. Kirayiang. Bertindak selaku khatib H. Muslim Yatim dan Imam shalat Ied yang didatangkan dari Yaman yaitu Syaikh Al-Muqri Sa'ad Khanbari.


Sahidin sampaikan kondisi keuangan PHBI. 

PHBI telah absen melaksankan tugas selama 2 tahun akibat pandemi covid-19. Hanya akhir 2021, pemko Payakumbuh mengadakan tablig akbar bersama uas dan penggalangan dana kemanusian untuk korban bencana gunung Semeru. 


Kepala Kankemenang Kota Payakumbuh Ramza Husmen dalam sambutannya sudah 2 tahun sesuai tupoksinya terkait Ramadhan dan Idul Fitri telah dilaksanakan pengamatan hilal dan penetapan istbat melalui hisab dan rukyat. Tidak ada perdebatan dalam pelaksanaan puasa.


"Insya Allah 125 calon jemaah haji Kota Payakumbuh berangkat di tahun 2022. Semoga dilancarkan Allah. Terkait tarbiyah Ramadhan yang telah kita jalani sebulan penuh, bisa memotivasi kita untuk meningkatkan amalan setelah Ramadhan. Terima kasih pemko Payakumbuh yanh sangat perhatian terhapad keagamaan. Semoga Payakumbuh selalu mendapatkan berkah Allah,"pungkas Ramza Husmen. 


Sementara Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dalam sambutan terakhirnya di Idul Fitri. Dikarenakan jabatan Riza Falepi selaku wali kota Payakumbuh yang akan berakhir 23 September 2022. Riza Falepi mengajak jemaah menjaga nilai tarbiyah Ramadhan yang sudah dijalani sebulan Ramadhan. Untuk ditingkatkan di luar Ramadhan. 


"Mendatang banyak sudah pembangunan yang dilaksanakan ditunjang anggaran pusat sebagaimana tertuang pada visi dan misi. Ada satu cita - cita besar yang belum terwujud yakni berdirinya mesjid Agung Payakumbuh yang lahannya sudah dibebaskan seluas 5Ha. 


Meskipun nantinya, pembangunan mesjid Agung kita ini tidak dibantu Arab Saudi. Kita harus tetap semangat agar mesjid impian kita Kita ini. 


Tentunya, selama 5 tahun memimpin, tiada gading yang tak retak. Dari amanat terakhir kami dalam salat idul fitri ini kami mohonkan maaf dari semua warga kota Payakumbuh. Dan alhamdulillah, selama 2 pandemi covid-19 perekonomian Kota Payakumbuh masih terkendali di tingkat nasional. Meski zona hijau sudah kita capai, namun kita dituntut tetap wsspada. 


Selaku Wali Kota Payakumbuh dan mewakili keluarga kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443H minal aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir batin. 

 

Mengimami shalat ied penuh khusyuk di Payakumbuh, syech Al Muqri Syaad Khanbari dari Yaman pada rakaat pertama membaca surat Al A'la. Sedang rakaat kedua sang imam membaca surat Al Ghasiyah.


Sementara khatib shalat Ied, Muslim M. Yatim kesempatan itu sampaikan khutbah shalat ied bertemakan Ramadhan lahirkan generasi bertaqwa. 


"Puasa mengajarkan kita untuk jujur pada diri, karena orang beriman meyakini bahwa Allah selalu melihat apa yang ia kerjakan. Baik dan buruk tak terlewat dari pantauan Allah. Saat ini masih banyak mengaku muslim tapi masih banyak pula oknum umat islam yang meninggalkan shalat 5 waktu. Berbuka puasa di tengah khalayak ramai. Dan kini saatnya menghisab diri sendiri, karena selama Ramadhan, Konsep iman sudah diterima dan dijalankan. Mulai dari disiplin waktu shalat, qiyamul lail dan nilai jujur. Semoga kedepannya kita semakin lebih baik. Menjadi muslim yang Saleh, muslih dan ihsan,"sekelumit kutipan khutbah dari khatib. 


Pelaksanaan shalat ied di Kota Payakumbuh berjalan lancar didukung cuaca yang sejuk dan adem.(Ul)