Teknik Pertambangan UNP Tuan Rumah Forum Komunikasi Program Studi Tambang Se-Indonesia 2022 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Teknik Pertambangan UNP Tuan Rumah Forum Komunikasi Program Studi Tambang Se-Indonesia 2022

Sabtu, 21 Mei 2022



.

Padang  - Guna menghadapi perkembangan zaman dalam dunia pertambangan seluruh program studi teknik pertambangan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia membentuk Forum Komunikasi Program Studi Se-Indonesia (Forkopindo). Keberadaan wadah ini dengan harapan dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan metode pembelajaran serta mampu berdaya guna meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa program studi teknik pertambangan yang ada di Indonesia.


Kegiatan Forkopindo yang bertena, Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bidang pertambangan melalui kegiatan ekskursi lapangan ini dilaksanakan dari tgl 18–21 Mei 2022 dan dibuka oleh Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt.di Hotel UNP.


Diharapkan, dari kegiatan ini antara lain meningkatkan mutu dan kualitas staff pengajar program studi teknik pertambangan, mengenalkan industri pertambangan dan Geopark yang ada di Sumatera Barat yang berhubungan langsung dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan di dunia pertambangan dan Menjalin keakraban dan menyambung tali silaturahmi antar staff pengajar program studi teknik pertambangan se-Indonesia.


Dr. Fadhilah S.Pd, MS.i selaku pimpinan Departemen Teknik Pertambangan UNP dalam sambutan beliau menyatakan, studi ekskursi ini diperlukan utk mempererat silaturahmi antara anggota forkopindo, memperlihatkan bagaimana proses tambang dalam Batubara dan mempromosikan geopark harau dan geopark sianok, sehingga  koprodi yang berasal dari Papua,  Sulawesi, Kalimantan,  Lombok,  Yogyakarta,  Bandung,  Palembang, dan  Jambi mendapatkan pembelajaran langsung yang bisa diteruskan ke mahasiswa di perguruan tinggi masing-masing.


Ketua pelaksana Dr. Mulya Gusman MT mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan cukup membanggakan, karena kali ini Departemen Teknik Pertambangan UNP yang menjadi Tuan Rumah. kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan Pertambangan yang ada di Sumatera Barat.


Kegiatan Forkopindo kali ini, banyak memberikan kontribusi sebagai Sponshorsip antara lain  PT.BA Tanjung Enim, PT.BA UPO, PT. Pancaran Surya Abadi, PT, Nusantara Halmahera Minerlas, PT Cahaya Wisesa, PT. Alamjaya Bara Pratama, PT. Timah, PT. Anggun Permai Tekindo, Bank Nagari, PT NAL dan CV. BMK, imbuh Kepala Pusat Sertifikasi Kompetensi dan Profesi LP3M Unp itu.

.

Terkait dengan kegiatan Forkopindi ini, peserta akan melanjutkan perjalanan ke Kota Sawah Lunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

( Hns / Unp )