Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Raharja Solok Sosialisasi di SMAN 1 Dharmasraya -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Raharja Solok Sosialisasi di SMAN 1 Dharmasraya

Rabu, 25 Mei 2022
.


Dharmasraya - Dalam rangka meningkatkan keselamatan lalu lintas, Jasa Raharja Perwakilan Solok menggelar sosialisasi keselamatan berlalu lintas di SMAN 1 Koto Besar Dharmasraya, Rabu (25/5/2022).


Kegiatan tersebut juga kerja sama dengan Dinas Perhubungan Dharmasraya dan dari Satlantas Polres Dharmasraya.


Kepala Jasa Raharja Solok Piter mengatakan, Jasa Raharja bersama instansi lain berupaya mengenalkan tentang keselamatan berkendara atau berlalu lintas dimulai dari usia dini dan peran Jasa Raharja dalam keselamatan berlalu lintas.


“Salah satunya kepada pelajar di SMAN 1 Dharmasraya. Ini adalah bentuk kepedulian kami Jasa Raharja agar pemahaman keselamatan berlalu lintas ini. Seperti diketahui Jasa Raharja bertugas sesuai UU nomor 33 dan 34 Tahun 1964, serta pemahaman tentang pentingnya keselamatan dan etika dalam berlalu lintas,” ucapnya.


Ia menjelaskan, tugas pokok Jasa Raharja adalah memberikan santunan, kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan umum dan menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan, Kedua menghimpun dan mengelola dana, dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan.


Lebih lanjut disampaikannya, Jasa Raharja saat ini menjalankan dua program sosial yang pertama, yakni asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum di darat, laut, udara, danau, sungai dan penyeberangan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965. Kedua, asuransi kecelakan lalu lintas Jalan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965.


Diungkapkannya, Jasa Raharja Solok juga bersinergi dengan Dishub, dan Satlantas dalam memberi edukasi bagi para pelajar yang telah memiliki izin dan menggunakan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi untuk bepergian termasuk ke sekolah agar dapat mematuhi aturan dalam berkendara,taat rambu lalu lintas, serta memenuhi segala kelengkapan atribut berkendara.


“Saya berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini,maka ke depannya dapat meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan para pelajar ketika berkendara. Sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya mejadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas,” tuturnya. (Jr)