TP-PKK Tanah Datar Gelar Seminar Pencegahan Stunting Menuju Kabupaten Sehat -->

Iklan Atas

TP-PKK Tanah Datar Gelar Seminar Pencegahan Stunting Menuju Kabupaten Sehat

Kamis, 19 Mei 2022

Suasana pembukaan Seminar Pencegahan Stunting di Tanah Datar


 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Elizar, membuka secara resmi Seminar Pencegahan Stunting, yang dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), di Aula Kantor Bupati, di Pagaruyung, Rabu (18/05).


Asisten Elizar mewakili Bupati sampaikan, Seminar Pencegahan Stunting merupakan sebagai wujud dari Pemerintah Daerah Tanah Datar, yang melibatkan lintas sektoral untuk mendukung upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Tanah Datar menuju kabupaten sehat.


"Kesejahteraan suatu bangsa itu dimulai dari kesejahteraan keluarga, dan itu merupakan salah satu sasaran pembangunan. Dari itu diharapkan pengurus TP-PKK dan kader-kader PKK hingga jorong, serta pihak-pihak yang terlibat, untuk meningkatkan peran sertanya di tengah-tengah masyarakat," sampai Elizar. 


Dikatakan Elizar lagi, kader PKK dan unsur terkait harus menjadi motivator, komunikator dan dinamisator pembangunan, serta juga terus meningkatkan kemampuan disemua tingkatan, dan memiliki persepsi yang sama, dalam penanganan dan penurunan angka stunting di Tanah Datar.


"Tingkatkan pemahaman dan komitmen dalam penanganan stunting, sebagai upaya preventif untuk mencegah stunting melalui peran pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan, bagi keluarga yang memiliki balita, pemantauan tumbuh kembang anak serta teknik berkomunikasi yang baik, antara orang tua dan anak remaja," ujarnya.


Sementara itu, Ketua TP-PKK Tanah Datar diwakili Wakil Ketua TP-PKK Ny. Patty Richi Aprian menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Dra. Maswita Djaja, M.Sc Psikolog dan Alfiasari, SP, M.Si dari Yayasan Melati Jakarta yang telah bersedia menjadi nara sumber dalam seminar itu.


Ny. Patty sampaikan, harapan agar semua peserta mengikutinya dengan serius, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat dan kader PKK, dengan tujuan angka stunting bisa diminimalisir.


"TP-PKK harus bekerja keras untuk melakukan pembinaan ke kecamatan dan nagari, dalam rangka penurunan angka stunting. Untuk tercapai hal ini, perlunya peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang penyebab dan pencegahan stunting, salah satunya melalui seminar ini," ucap Patty. 


Sebelumnya, panitia dalam laporannya menyebutkan seminar diadakan selama dua hari dari tanggal 18-19 Mei dan diikuti sebanyak 200 peserta, yang terdiri dari Ketua TP-PKK kabupaten beserta pengurus sebanyak 36 orang, ketua organisasi wanita 10 orang, ketua IGTKI dan Himpaudi 30 orang, ketua TP-PKK kecamatan dan nagari 89 orang dan Kepala KUA sebanyak 14 orang.


Tujuan dari seminar itu sendiri disebutkan, untuk mengetahui fase-fase 1000 hari pertama kehidupan, yang merupakan fase terpenting dalam tumbuh kembang anak. Dan mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Tanah Datar. (F12)