Perantau Bersilaturrahmi dengan Walinagari IV Koto Amal Utara, Ini yang Dibahas -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Perantau Bersilaturrahmi dengan Walinagari IV Koto Amal Utara, Ini yang Dibahas

Sabtu, 07 Mei 2022
.


Padang Laring, fajarsumbar.com - Memanfaatkan mudik Lebaran 2022, Ketua Ikatan Keluarga Padang Laring (IKPDL) Jabodetabek, Amrizal bersilaturrahim dengan Walinagari Aur Malintang Utara, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (7/5/2022).


Silaturrahmi untuk mempererat hubungan antara perantau dengan warga kampung halaman itu dilaksanakan di kediaman walinagari di Batu Palamin, Korong Tangah, Padang Laring.


Hadir pada kesempatan itu, selain Ketua IKPDL Jabodetabek, H. Amrizal, juga dihadiri tokoh masyarakat Padang Laring, M. Zen Khari Sulaiman, Dt. Basa, Dt. Ismainir, Kaswirman, korong di Padang Laring Barat dan Korong Padang Laring Tengah sekaligus mewakili dari enam korong di Padang Laring.


Menurut Amrizal, pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menjalin hubungan lebih erat lagi antara perantau dengan warga kampung halaman.


Sebab jika segala sesuatunya bila dikerjakan bersama insya Allah bakal jadi. "Saya berharap hubungan yang telah terjalin selama ini semakin erat. Tujuannya untuk membangun kampung halaman kedepannya," ujar Amrizal mengawali pembicaraannya pada pertemuan tersebut.


Menurutnya, dengan sudah adanya jalinan komunikasi yang baik ini diharapkan secara perlahan-lahan dapat membangun kampung halaman dan membahas berbagai permasalahan.


Salah satu contoh adanya jalinan erat antara perantau dengan kampung halaman tersebut sudah banyak manfaatnya.


Di antaranya para perantau mengucurkan dana untuk pembangunan masjid dan rumah ibadah lainnya juga dari para donatur. Sebab tanpa ada dukungannya  pembangunan rumah ibadah tersebut bakal lambat selesainya.


Contoh dekat lagi, penggalangan dana untuk pengobatan Shakira Putri Ananda (2) karena balita malang ini menderita bocor jantung.


Atas partisipasi para perantau IKPDL Jabodetabek-Bandung, Riau, Batam dan kampung halaman dapat mengumpulkan donasi Rp8 juta lebih. Namun sayang sebelum Shakira berobat ke Jakarta telah menghembuskan nafasnya terakhir di Puskesmas Batu Basa beberapa waktu lalu.


Amrizal sangat berharap partisipasi seperti itu bisa berlanjut sekaligus mempererat hubungan sillaturrahmi antar sesamanya, sehingga informasi baik dan buruknya dapat diinformasikan. "Bila butuh bantuan maka kita bersama mengumpulkan dananya. Segala sesuatunya bila dikerjakan bersama, insya Allah bisa selesai. Basamo makonyo manjadi," sambungnya.


Sementara itu, Kaswirman juga perantau yang sudah lama menetap di kampung halaman juga memberikan masukan bagaimana baiknya untuk kemajuan kampung halaman.


Hal yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat M. Zen Khari Sulaiman bagaimana hubungan yang baik terus terjaga dengan baik. Begitu juga pendapat yang sama juga dilontarkan Dt. Ismainir dan Dt. Basa.


Sementara itu, Amri Besman, Walinagari IV Koto Aur Malintang Utara mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam pertemuan tersebut. 


Pada kesempatan itu Amri juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi mengumpulkan donasi untuk berobat Shakira Putri Ananda.


Pada kesempatan itu, Amri juga mengeluhkan karena saat itu banyak hama kera dan tupai. "Saya berharap bantuan dan mencari solusinya bagaimana cara memusnahkan hama kera dan tupai, karena jadi musuh petani di Padang Laring saat ini," ujar Amri.


Menjawab keluhan tersebut baik Amrizal maupun yang hadir pada pertemuan itu mewacanakan dan mengundang para penembak jitu untuk memusnahkan hama tersebut. (ab)