1.000 Lebih Korban Tewas Gempa Afghanistan dan Pakistan, 1.500 Luka-luka -->

Iklan Atas

1.000 Lebih Korban Tewas Gempa Afghanistan dan Pakistan, 1.500 Luka-luka

Kamis, 23 Juni 2022
.


Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 menggetarkan kawasan padat penduduk di Afghanistan dan Pakistan, pada Rabu 22 Juni 2022 dini hari waktu setempat.


Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Gempa Bumi tersebut menyebabkan guncangan di kawasan sekitar 44 kilometer dari Kota Khost, Afghanistan tenggara, dan berada pada kedalaman 51 kilometer.


Gempa Bumi dirasakan di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta di ibu kota Pakistan, Islamabad, menurut laporan para saksi mata yang dimuat di laman EMSC dan berdasarkan keterangan para pengguna Twitter.


Dikutip JurnalNews.id. lebih dari 1.000 orang telah tewas dan lebih dari 1.500 terluka di Afghanistan bagian tenggara, sebut Departemen Kebudayaan dan Informasi Afghanistan.


Sementara, Departemen Meteorologi Pakistan mengatakan, pusat gempa berada di provinsi Paktika Afghanistan, sekitar 50 kilometer (31 mil) barat daya kota Khost.


Bangunan juga rusak di provinsi Khost, dan getaran terasa sekitar 375 kilometer (230 mil) jauhnya di ibu kota Pakistan, Islamabad.


"Situasi di provinsi-provinsi timur Afghanistan yang dilanda gempa semakin buruk dari jam ke jam,” kata Samantha Mort, Kepala Komunikasi, Advokasi dan Keterlibatan Masyarakat di UNICEF.


Mort mengatakan, akses ke provinsi-provinsi terpencil semakin sulit karena tanah longsor akibat hujan deras. Namun tim UNICEF dapat mencapai beberapa daerah yang terdampak.(*)