2 Mantan Prajurit Amerika Serikat Tewas saat Perang Lawan Rusia di Ukraina -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

2 Mantan Prajurit Amerika Serikat Tewas saat Perang Lawan Rusia di Ukraina

Rabu, 22 Juni 2022

Dua mantan tentara AS tewas saat berperang membela Ukraina.


WASHINGTON DC – Dua mantan tentara Amerika Serikat (AS) tewas saat berperang membela Ukraina. Keduanya adalah mantan prajurit Angkatan darat (AD) dan Marinir AS.  


Stephen Zabielski, pria asal Florida AS, dilaporkan tewas saat bertempur di Ukraina, bulan lalu. Dia menjadi relawan kedua Amerika yang meninggal di negeri Eropa Timur yang sedang dilanda perang itu.


Obituari atau berita kematiannya dimuat oleh media lokal AS, The Recorder. Pria itu diketahui seorang mantan tentara Angkatan Darat AS,sebagaimana dikutip iNews.id.   


“Zabielski, dari Hernando, FL (Florida), dulu adalah warga Cranesville, NY (New York), meninggal pada Minggu, 15 Mei 2022, saat bertempur dalam perang di Desa Dorozhniank, Ukraina,” demikian diungkapkan oleh obituari itu. 


Berita kematian tersebut dipublikasikan oleh The Recorder sejak 1 Juni lalu, namun baru dilaporkan oleh media ternama Amerika Serikat seperti The Washington Post dan Rolling Stone pada Senin (20/6/2022).


The Washington Post dengan mengutip seorang pejabat melaporkan, Departemen Luar Negeri AS telah memberikan bantuan konsuler yang dimungkinkan untuk pengurusan jenazah pria itu. Sementara The Rolling Stone mengatakan, Zabielski tewas akibat terkena ranjau darat.  


Saat dimintai konfirmasi oleh kantor berita Rusia, Sputnik, terkait kematian Zabielski, Departemen Luar Negeri AS belum memberikan tanggapan.


Sebelumnya, pada April lalu, seorang mantan tentara Amerika juga dilaporkan meninggal dalam perang di Ukraina. Pria itu bernama Willy Joseph Cancel (22), seorang bekas prajurit Korps Marinir AS.(*)