34 Titik Blankspot di Solsel, Wabup 'Mengadu' ke GM Telkom dan Telkomsel -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

34 Titik Blankspot di Solsel, Wabup 'Mengadu' ke GM Telkom dan Telkomsel

Jumat, 17 Juni 2022

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi didampingi Sekdakab, Kadis Kominfo dan sejumlah OPD, saat berada disebuah pertemuan dengan pihak Telkomsel Padang.


Solsel, fajarsumbar.com - Didampingi Asisten dan juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan, Wabup H Yulian Efi lakukan kunjungan ke Gedung Plasa Telkom Padang dalam rangka audiensi bersama General Manager (GM) Telkom Sumbar dan Telkomsel, Kamis (16/06/2022).


Salah satu tujuan dari audiensi ini adalah upaya pemerintah mengatasi permasalah blankspot di Solok Selatan. Dukungan dari provider pemerintah seperti PT. Telkom dan juga Telkomsel sangat penting dalam pengentasan balkspot tersebut.


Data Dinas Kominfo Solok Selatan, setidaknya masih terdapat sebanyak 34 titik blankspot atau sekitar 12 % lebih dari 275 jorong yang ada di Solok Selatan. 


Dalam audiensi ini Wabup Yulian Efi berterima kasih atas kerjasama dan hubungan baik yang telah dijalin dengan pihak Telkom dan juga Telkomsel selama ini. Pemkab juga apresiasi atas sambungan fiber optik yang sudah mencapai 5 kecamatan dari total 7 kecamatan di Solok Selatan. 


"Besar harapan kami, dalam waktu dekat layanan fiber optik untuk internet tersebut bisa mencapai kepada 2 kecamatan lagi yang belum tersentuh fiber optik, yakni Kecamatan Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Janggo. Untuk SBJ sendiri mohon segera dilakukan aktivasi, sedangkan ke SBH perlu penarikan fiber optik sejauh 20 Km," harap Wabup.


Telkom Sumbar melalui General Manager (GM) Bpk. Alfi Sumarta menyampaikan komitmennya untuk menuntaskan pembangunan kabel fiber optik (FO) ke seluruh kecamatan di Solok Selatan, dan Saat ini FO baru aktif di 5 kecamatan, dari 7 kecamatan yang ada. 


"Kita akan support penuh dan berharap tahun ini bisa disegerakan dan dituntaskan hingga seluruh kecamatan terhubung dengan fiber optik," ungkap Alfi 


Sementara itu, Manager Network Telkomsel Areal Padang, Andi Suapril dan Manager Branch Padang Ali Wardana juga menyampaikan komitmennya untuk membantu Solok Selatan dalam mengatasi daerah blankspot yang tersebar pada 34 titik di 7 kecamatan yang ada. 


Pihak Telkomsel juga menyampaikan beberapa alternatif yang bisa ditempuh guna percepatan masalah blankspot, dengan sistim berbagi peran dengan pemerintah kabupaten.


Saat audiensi berlangsung Kadis Kominfo, Firdaus Firman, S.IP, ME menyatakan Pemerintah daerah khususnya Diskominfo berkomitmen untuk mendampingi dan membantu proses pembangunan menara telekomunikasi di Solok Selatan, khususnya di daerah-daerah blankspot atau daerah dengan sinyal telekomunikasi lemah.


"Kami juga mengundang secara khusus tim survey dari Telkomsel untuk meninjau langsung ke lapangan atau titik-titik blankspot yang memungkinkan dibangun menara telekomunikasi," tambah Firdaus. 


Pemkab secara khusus juga meminta peran serta Telkom dan Telkomsel untuk bersama-sama menuntaskan daerah blankspot yang ada di 3 daerah sangat tertinggal di Lubuk Ulang Aling. Dengan kata lain, Pemkab siap dan membuka segala bentuk kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan, dalam mengatasi daerah blankspot di Solok Selatan.(Abg)