Begini Cara Masyarakat Melestarikan Kebudayaan Lingkungan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Begini Cara Masyarakat Melestarikan Kebudayaan Lingkungan

Rabu, 22 Juni 2022
.


Oleh : Tessa Rahma Putri 

(Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Minangkabau, Unand)

    

Dalam lingkungan kehidupan kita masyarakat mempunyai kebudayaanya masing-masing. Dalam bermasyarakat tentu adanya kebudayan yang berbeda-beda dan mempunyai nilai budaya tersendirinya. Kehidupan masyarakat sangat penting dalam mengenal kebudayan dan bagaimana cara melakukan bahkan cara melestarikannya sendiri. 


Masyarakat punya cara untuk menegakan budaya nya dalam lingkungan masyarakat itu sendiri membuat forum atau sebuah organisasi yang berbentuk kebudayan yanga ada di sekitarnya dan mengenal kebudayan luar untuk mengenal di lingkungannya sendiri. Sebuah organisasi tersebut bisa mengatasi suatu masalah yang ada dalam kebudayaan masing-masing tersebut. Dan mengembangkan wawasan yang ada di masyarakat dan disampaikan ke masyarakat nya sendiri untuk lebih bertambahnya wawasan tentang kebudayan. 


Masyarakat untuk ingin lebih ingin melestarikan lebih baik masyarakat juga mengikuti kegiaatan kebudayaan dan memberikan pengalaman atau ilmu yang telah ia dapatkan. Masyarakat juga bisa mengenalkan budaya yang ada di daerah nya masing-masing menggunakan media sosial dengan cara memberitahu bahawa budaya yang ada di daerahnya juga mempunyai budaya yang lebih menarik dan dilestariakan untuk masa yang akan datang dan juga memposting di media sosial kesenian lokal yang ada dalam lingkungan masyarakat tersebut. Lewat media sosial lah masyarakat luar mengenal budaya minangkabau memiliki nilai budaya yang sangat tinggi dan dilestarikan sebaik mungkin.


Kebudayaan membantu masyarakat memenuhi beberapa kebutuhan penting. Budaya berfungsi untuk mengatur manusia khususnya dalam bertingkah laku. Karna salah satu produk kebudayaan ialah norma sosial dan bentuk norma lainya. Norma inilah yang dijadikan dasar bagi manusia dalam bertingkah laku. Dalam kebudayan juga masyarakat bisa menjadi pedoman tata kehidupan yang lebih berbudaya yang baik dan mempunyai budaya pribadi yang mengatatur norma kehidupanya. 


Masyarakat banyak mempunyai sisi positif dengan melestarikan budaya-budaya yang ada dilingkungan nya. Dari sebuah melestarikan budaya menjadi informan budaya-budaya yang ada dilingkungan masyarakatnya. Budaya juga menjadi pemersatukan masyarakat untuk mendorong mengenal budaya menjadi sebuah norma kehidupan yang dijalani sebagai kebutuhan penting bagi manusia yang ada dilingkungan masyarakat sekitar.  


Kebudayaan memiliki fungsi yang besar dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Fungsi tersebut diantaranya, keberadaan pakaian, pangan, rumah, komunikasi serta nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kebudayaan sangat berarti penting dilingkungan masyarakat didalam masyarakat lah kebudayaan ini. 


Peran penting yang dilakukan masyarakat untuk melestarikan kebudayaan dilingkungan sekitar sangat mempengaruhui besar baik dalam lingkungan karna sebuah lingkungan yang bisa menegakan kebudayaan yang lebih baik dan di jaga dengan baik. 


Dalam lingkungan masyarakat juga mengejarkan bahwa arti penting kebudayan atau berbudaya di lingkungan sekitar dalam berbudaya mengetahui bagaimana peran di kehidupanya. Berbudaya juga mencerminkan siapa kitaa sebenarnya seseorang juga bisa menilai kita dari sebuah budaya kita. 


Dalam hal ini bentuk organisasi kebudayan sangat arti penting dalam kehidupan bersosialisi terhadap lingkungan. Berbicara dalam kebudayaan juga mempunyai karakter nya masing-masing dan watak seseorang juga bisa dikenal dalam sebuah kegiatan organisasi ini.


Kebudayaan memiliki fungsi yang besar dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Fungsi tersebut diantaranya, keberadaan pakaian, pangan, rumah, komunikasi serta nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. 


Kebudayaan juga untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin beragam. Kebudayaan sendiri lahir dari gagasan dan ide manusia sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

  

- Pakaian : Pakaian adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan dengan adanya budaya memunculkan tren-tren pakaian yang sesuai dengan zaman.

-  Pangan : Sebagai sumber kehidupan manusia tentu pangan sangatlah penting, dan perlu pengolahan yang baik untuk kesehatan manusia itu sendiri.  

- Rumah : Manusia membutuhkan tempat peristirahatan sekaligus tempat berlindung, dan ide manusialah yang menghadirkan rumah sebagai tempat tersebut.

- Komunikasi : Kemajuan tekhnologi menjadikan manusia kini bisa dengan mudah saling berkomunikasi.

- Nilai dan Norma : Nilai dan Norma yang berlaku di masyarakat berfungsi melindungi masyarakat dari hal-hal yang buruk.


Peran pentingnya kebudayaan sangat memiliki sisi positif didalam lingkungan masyarakat dan membuat pola pikir lebih terbentuk dan tujuan melestarian budaya lebih terjalan dengan baik. Bukan hanya bisa mengubah pola pikir tapi bisa mendorong sebuah norma kehidupan yang dituju dengan baik dan handle dalam berbudaya dimana pun. 


Kebutuhan budaya sangat perlu di dalami dan perlu dikenal lebih dalam untuk sebagai pedoman seseorang ke pada diri sendiri dan akan di nilai dalam berbudaya nya terhadap lingkungan nya sekitar. Masyarakat juga bisa mengembang berbagai macam kesenian yang dilakukannya contohnya;

 

- Membuat sebuah tari sambutan untuk pengunjung dari luar kota yang akan memasuki kawasan tersebut. 

- membuat sebuah krearifitas yang bisa digunakan dengan baik dan membuat perhatian seseorang lebih ke kreatifitas itu.

- sebuah acara yang diisi oleh remaja-remaja dilingkungan sekitar untuk menunjukan lingkungan dikenal dengan nya kebudayaan yanga ada disekitar.


    Faktor yang bisa mendorong  kebudayan bisa dijaga dan dilestarikan dengan baik 

1. Tetap menjaga kebudayaan yang ada sejak lama.

2. Menambah wawasan atau ilmu pengetahuan baru tentang kebudayaan yang ada. 

3. Mencoba interkasi untuk menukar wawasan penting kebudayaan.

4. Menjaga nama baik dan diwariskan kebudayan yang lebih faham tentang kebudayaan. 

5. Diwariskan ke yang faham kebudayan dan sangat mengenal tentang kebudaayan yang ia kenal. Sebab akan terjadinya perubahan-perubahan berbudaya pada masanya sendiri. Tetap kokoh dengan kebudaayan yang telah diwariskan dengan baik. (***)