Bertemu PM Singapura, Prabowo Harap Kerja Sama Kedua Negara Pedomani Prinsip Kesetaraan -->

Iklan Atas

Bertemu PM Singapura, Prabowo Harap Kerja Sama Kedua Negara Pedomani Prinsip Kesetaraan

Minggu, 12 Juni 2022

Menhan Prabowo Subianto bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong di Singapura.


JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Singapura, Sabtu (11/6/2022).


Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan apresiasi kepada Lee atas kontribusinya dalam mendorong peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara. Prabowo menuturkan, Indonesia mendukung penuh kerja sama pertahanan dengan Singapura berlandaskan prinsip saling menguntungkan, kesetaraan hingga menghormati kedaulatan negara. 


"Kami mendukung penuh agar kerja sama pertahanan yang kuat antara Indonesia dan Singapura dibangun dengan berpedoman pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum internasional,” ujar Prabowo dalam keterangan yang diterima, Minggu (12/6/2022),  sebagaimana dikutip iNews.id. 


Di kesempatan itu, Lee Hsien pun menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia. Dia menyampaikan bahwa Singapura menghormati posisi Indonesia yang netral sebagai non-claimant state dalam persoalan Laut China Selatan (LCS). 


Dalam pertemuan ini, PM Lee dan Menhan Prabowo menegaskan kembali hubungan bilateral antara kedua negara terjalin erat dan cukup lama. Hubungan Indonesia-Singapura pun dikuatkan dengan paket kesepakatan yang ditandatangani pada Leader Retreat Januari lalu. 


Dibahas pula beberapa permasalahan global seperti kontra-terorisme, keamanan maritim dan pangan, dan menegaskan kembali pentingnya memperkuat kerjasama dan kepercayaan antara kedua negara.(*)