Bunga Bangkai Terbesar di Dunia Ditemukan di Nagari Pakan Rabaa Timur -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bunga Bangkai Terbesar di Dunia Ditemukan di Nagari Pakan Rabaa Timur

Minggu, 05 Juni 2022
Sejumlah warga melihat bunga bangkai yang tumhuh besar di kebunya dan mereka berfoto didepan bunga tersebut. (Dok pemilik fb)


Solsel, fajarsumbar.com - Sebatang bunga bangkai ditemukan tumbuh di ladang masyarakat pinggiran hutan Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik  Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar). 


Seperti dilansir dilaman faceboknya salah seorang warga net, Nagari Pakan Rabaa Timur, Minggu (5/6/2022), dia menemukan bunga bangkai ini disalah satu kebun miliknya. 


Melihat indahnya sebuah tanaman yang tak biasanya tumbuh di kebunnya itu, warga tersebut ditemani sejumlah kerabatnya mencoba mendekati bunga berbau bangkai itu dan berfoto selfi di depan bunga berukuran besar itu. 


Karubuik (bahasa lokal desa) atau Bunga bangkai Amorphophallus Titanum Becc, merupakan tumbuhan talas-talasan  endemik dari Sumatera. 


Tumbuhan ini dikenal sebagai bunga terbesar di dunia, bunga bangkai memiliki ciri khusus yakni bisa mengeluarkan aroma tidak sedap seperti bangkai. 


Saat ini bunga bangkai masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari international union for conservation of nature (IUCN). 


Keberadaan bunga bangkai juga dilindungi dengan peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa, termasuk tanaman langkah yang dilindungi. (Abg)