Bupati Berharap Pelaku UMKM Mampu Beradaptasi dengan Teknologi Digital -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bupati Berharap Pelaku UMKM Mampu Beradaptasi dengan Teknologi Digital

Selasa, 07 Juni 2022

Bupati Eka Putra membuka Pelatihan DEA bagi pelaku UMKM di Tanah Datar, di Emersia Hotel Batusangkar, Selasa (7/6) 



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka acara Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Emersia Hotel and Resort Batusangkar, Selasa (7/6/2022).


Bupati dalam paparannya katakan, Pemerintah Tanah Datar berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan teknologi saat ini. Salah satunya, melalui program Pelatihan Digital DEA bagi pelaku UMKM, sehingga meningkatkan kompetensi dasar kewirausahaan digital. 


"Terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan karena telah mengelar pelatihan DEA di Tanah Datar ini. Tentu ini mendukung terwujudnya para pelaku UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya," ujar Eka Putra. 


Bupati Eka juga katakan, pemerintah saat ini tengah melakukan akselerasi transformasi digital, melalui empat sektor strategis, yakni infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintah digital dan masyarakat digital. 


 Eka Putra berharap, peserta pelatihan DEA sebanyak 120 orang, serius mengikuti seluruh rangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 7 s/d 8 Juni 2022 ini. Untuk nantinya, dapat dipraktekkan oleh para pelaku UMKM dalam meningkatkan daya saing daerah.


"Kegiatan ini mampu memberikan lompatan besar dan peluang baru bagi pelaku UMKM, terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital. Maka dari itu ikutilah pelatihan dengan serius," harap Bupati. 


Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan diwakili Sub Koordinator Umum Parluhutan Siregar, S.Sos mengatakan, DEA merupakan salah satu dari tema pelatihan DTS, guna meningkatkan kompetensi dasar kewirausahaan digital.


"Kegiatan ini bagian implementasi Nota Kesepakatan (NK) akselerasi program DTS 2022, melalui sinergitas pengembangan SDM Digital antara Badan Litbang SDM Kemkominfo dengan tujuh pemerintah Kabupaten/Kota. Dan kabupaten Tanah Datar salah satu yang mendapat kuota DTS," ujar Parluhutan.


Parluhutan menambahkan, melalui pelatihan DEA akan menjadi wadah komunikasi, interaksi, dan implementasi kerja digital, sehingga mampu memberikan kontribusi positif serta peningkatan kualitas, yang sinergi dalam pembangunan ekonomi, teknologi digital dan kewirausahaan digital di Tanah Datar pada khususnya.


"Kegiatan ini sangat penting, tujuannya jelas untuk meningkatan kualitas SDM di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), guna menjawab semakin ketatnya persaingan global, kecanggihan teknologi tidak bisa dinegosiasikan dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia industri," pungkas Parluhutan. 


Turut hadir Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Hendra Setiawan dan Plt. Sekretaris Kominfo Roza Melfita. (F12)