Bupati Pessel Hadiri Batagak Gala Datuak Saridano Kaum Suku Kampai -->

Iklan Atas

Bupati Pessel Hadiri Batagak Gala Datuak Saridano Kaum Suku Kampai

Minggu, 05 Juni 2022
.


Pesisir Selatan, fajarsumbar.com - Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd menghadiri acara Batagak Gala  pimpinan kaum di suku Kampai, di Nagari Koto Baru Sungai Tunu Barat, Ranah Pesisir, Minggu, (05/06)


Pengukuhan pimpinan kaum suku kampai dengan gelar "Datuk Saridano" didaulat kepada saudara Jamalus, yang dilewakan oleh Ketua KAN Sungai Tunu, Alwidarwis Dt Manti Batuah.


Acara Batagak Gala Datuk Saridano juga dihadiri oleh Camat Ranah Pesisir, Camat Linggo Sari Baganti, Pimpinan Kaum (Datuak), Ninik Mamak, Alim Ulama, dan Bundo Kanduang se-Kecamatan Ranah Pesisir.


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan dan mengajak para ninik mamak untuk merawat nilai-nilai luhur adat minangkabau yang tergerus oleh roda zaman, diantaranya nilai kekerabatan, tanggung jawab sosial dan sikap kegotong-royongan.


"Sebagai warih yg bajawek, kelestarian nilai-nilai  kebersamaan itu menjadi tanggung jawab kita bersama, mewariskan ke generasi berikutnya, nah peran ini sebahagiaan berada di pundak Penghulu. Untuk itu pertontonkanlah keteladanan agar penghulu bisa menjadi panutan oleh anak kemenakan, sekiranya hal ini bisa kita jaga dan kita rawat bersama, maka nilai-nilai adat yg basandi syarak, syarak basandi Kitabullah tidak akan lapuak dek hujan dan ndak akan lakang dek paneh dimasa yg akan datang, karena pembentukan  karakter generasi muda kini tergantung dari peran kita hari ini untuk menyadari tanggung jawab dan kepedulian sosial kita," terang Bupati.(*/wandi)