Cuaca Ekstrem, 3 Ular Piton Keluar Sarang Masuk ke Permukiman Warga Tuban -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Cuaca Ekstrem, 3 Ular Piton Keluar Sarang Masuk ke Permukiman Warga Tuban

Kamis, 02 Juni 2022

Ular piton keluar sarang dan masuk ke permukiman warga di Tuban.


TUBAN - Tiga ekor ular piton besar berkeliaran masuk permukiman warga pesisir utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Binatang melata itu keluar sarang akibat terjangan cuaca ekstrem yang melanda kawasan pantai beberapa hari terakhir.


Ular piton sepanjang 3,5 meter itu tiba-tiba muncul di trotoar tepi pantai Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban, Rabu (1/6/2022). Keberadaan ular piton ini cukup membahayakan warga sekitar, khususnya pengguna jalan yang lewat. 


Untuk menghindari jatuh korban, ular raksasa tersebut diburu petugas damkar. Meski sempat bersembunyi di antara celah pohon dan trotoar, ular besar ini berhasil di tangkap petugas. Selanjutnya ular dievakuasi ke Kantor Dinas Satpol PP dan damkar,sebagaimana dikutip iNews.id.


Kepa Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi mengatakan, munculnya ular piton terjadi sejak tiga hari terakhir. Selama tiga hari itu, pihakny menangkap tiga ekor ular yang masuk ke permukiman warga.  Selain di Kelurahan Karangsari, petugas juga menangkap ular di Kelurahan Perbon dan Desa Semanding. Dia menduga ular-ular ini keluar sarang akibat cuaca ekstrem yang melanda kawasan pantai beberapa hari terakhir. Ular kemudian terbawa arus hingga ke pemukiman warga.


Sementara itu selama tahun 2022 petugas damkar berhasil menangkap sebanyak 29 ekor ular piton. Panjang ular bervariasi anatara tiga meter sampai lima meter. Ular-ular yang tertangkap kini dipelihara dalam satu kandang besar di belakang Kantor Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban.(*)