Delapan Warga Padang Panjang akan Ikuti Pelatihan Kerja di Banten -->

Iklan Atas

Delapan Warga Padang Panjang akan Ikuti Pelatihan Kerja di Banten

Kamis, 16 Juni 2022
Sejumlah narasumber seleksi serta sosialisasi pelatihan berbasis kompetensi di Gedung Senja Kenangan, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Sebanyak 32 peserta mengikuti seleksi serta sosialisasi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) boarding yang difasilitasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP), Kamis (16/6), di aula Senja Kenangan, Bukit Surungan, Padang Panjang.


Delapan peserta yang terpilih nantinya akan mengikuti pelatihan operator listrik industri dan plat welder SMAW 3G (teknik las) selama 40 hari di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang,  Banten.


Kepala BBPVP Serang, Aan Subhan, S.Pd menjelaskan, PBK gelombang ketiga tahun 2022 ini menyediakan kuota sedikit.


"Kita bersyukur dengan kuota yang sangat terbatas, Padang Panjang berkesempatan mengirim delapan orang peserta," katanya.


Kendati demikian, pihaknya akan berupaya merekrut kembali peserta dari Padang Panjang pada tahun depan dengan jumlah kuota yang lebih banyak, apabila delapan peserta yang dikirim memiliki performa yang bagus selama mengikuti pelatihan.


Dijelaskan dalam PBK  pihaknya  menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan peserta. Mulai dari transportasi, penginapan, konsumsi, laundry, safety shoes sampai sarana olahraga.


"Ikuti seleksi dengan sungguh-sungguh. Bagi yang terpilih nanti, agar dapat memanfaatkan pelatihan tersebut 

untuk menambah ilmu. Mudah-mudahan setelah pelatihan, dengan kompetensi yang dimiliki, ada industri di sini yang bisa menerima," harapnya.


Kepala DPMPTSP, Ewasoska, S.H menyebutkan, program ini merupakan buah dari upaya DPMTSP untuk mendapatkan kuota bagi warga kota agar bisa mendapatkan PBK melalui permohonan ke BBPVP sebelumnya.


Program ini merupakan salah satu upaya Pemko Padang Panjang  mengurangi angka pengangguran. Ke depan, pihaknya akan terus berupaya dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak lainnya agar bisa mendapat kuota untuk pelatihan kerja.


Delapan peserta terpilih, empat orang akan mengikuti pelatihan operator listrik industri dan empat orang lagi mengikuti pelatihan plat welder SMAW 3G. (syam)