Bajak Gratis, Bakal Tidak Ada Lagi Lahan Terbengkalai di Tanah Datar -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bajak Gratis, Bakal Tidak Ada Lagi Lahan Terbengkalai di Tanah Datar

Selasa, 14 Juni 2022

Bupati diwakili Staf Ahli Abrar saat menghadiri percepatan layanan progul Bajak Gratis, di Nagari Balai Tangah, Lintau Buo Utara, Selasa (14/6) 

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Abrar menghadiri percepatan layanan bajak gratis, di Jorong Tanjung Ambacang Mandahiliang, Nagari Balai Tangah, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa (14/6/22).


Abrar sampaikan, percepatan layanan bajak gratis terus dilakukan, melalui program unggulan (progul) tersebut diharapkan, tidak ada lagi lahan pertanian masyarakat di Kabupaten Tanah Datar yang terbengkalai. 


"Harapan kami lahan yang sudah punya irigasi yang bagus tidak ada lagi yang terbengkalai. Jika itu terjadi tentu daerah kita akan menjadi surplus beras dan padi, dan masyarakatpun sejahtera," kata Abrar. 


Staf Ahli menceritakan, salah satu yang melatarbelakangi munculnya layanan bajak gratis di Tanah Datar, dikarenakan banyaknya lahan pertanian yang tidak tergarap oleh masyarakat.


"Setelah dilakukan penelitian dan pendalaman, masalah utamanya adalah tingginya biaya produksi dan kurangnya kemampuan yang cukup untuk menggarap," sampai Abrar. 


Abrar tambahkan, seperti ada yang terjerat peminjaman modal terhadap sejumlah pihak, toke pupuk, bahkan rentenir, hingga akhirnya hasil produksi sawah yang didapat, hanya untuk membayar pinjaman tersebut.


"Mudah-mudahan melalui progul bajak gratis ini biaya produksi sudah pasti berkurang, dan berharap produksi akan meningkat dan mendapat keuntungan yang lebih," terangnya.


Ia berharap, progul tersebut bukan hanya sekedar seremonial semata melainkan lebih dari itu. Kepada kelompok tani yang tidak aktif segera perbaiki, dan kepada Wali Nagari dan Wali Jorong yang tergabung dalam kelompok posisikan diri sebagai kelompok. 


"Manfaatkanlah program ini sebaik-baiknya, sehingga wilayah yang akan kita garap bisa terlaksana sesuai dengan target dan bisa terealiasasi dengan baik," harap Abrar.


Sebelumnya, Wali Nagari Balai Tangah Dasheri katakan, hadirnya progul Tanah Datar berupa bajak sawah gratis, sangat membantu masyarakat dan membangkitkan kembali semangat, serta motivasi dari kelompok tani di Nagari Balai Tangah ini. (F12)