Disnakerperin Kota Payakumbuh Gelar TTG untuk Pelaku IKM Las -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Disnakerperin Kota Payakumbuh Gelar TTG untuk Pelaku IKM Las

Selasa, 14 Juni 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Disnakerperin Payakumbuh berikan pelatihan penguatan peralatan produksi kepada IKM Las melalui Teknologi Tepat Guna atau TTG 


Dalam rangka meningkatkan wawasan teknis SDM Industri Kecil  Menengah atau IKM Las Pemko Payakumbuh melalui Disnakerperin langsungkan pelatihan / workshop, Senin (14/06/2022).


Bertempat di bengkel surau pandam teknik kelurahan Payobasuang Payakumbuh Timur pelatihan/workshop diikuti sebanyak 10 IKM yang berasal dari Kota Payakumbuh yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kedepan yang dimulai hari ini Selasa 14 juni sampai dengan Kamis 16 Juni 2022.


Dibuka oleh Kabid Perindustrian Disnakerperin Payakumbuh Bambang Hermanto mewakili Kepala Dinas Nakerperin memberikan apresiasi kepada seluruh IKM Las yang sampai hari masih bertahan dan mampu berkarya setelah dihadapkan pada situasi pandemi dengan jangka waktu yang lama dan terimakasih juga buat narasumber yang telah hadir dan bersedia berbagi ilmu serta informasi baru.


"Adapun tujuan dan maksud dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan wawasan tekhnis SDM Industri Kecil Menengah Las Kota Payakumbuh sesuai dalam mengaplikasikan ilmunya serta pengembangan peralatan produksi yang dibuat secara sederhana berbiaya murah dan tepat sasaran sesuai dengan prinsip Teknologi Tepat Guna atau TTG," jelas Kabid Perindustrian Bambang Hermanto.


Bambang Hermanto berpesan kepada seluruh peserta supaya menyerap semua informasi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga nantinya bisa mengimplementasikan ilmu dan keterampilan untuk membantu masyarakat khususnya para pelaku industri di daerahnya masing-masing.


Selanjutnya Heried Abdi atau biasa disapa Erik selaku koordinator pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara sesuai dengan Undang-undang RI No 3 Tahun 2014 tentang perindustrian dan seluruh pembiayaan pelatihan ini  berasal dari APBD Kota Tahun 2022 pada Disnakerperin Kota Payakumbuh.


Tambahnya, karena melihat kebutuhan yang sangat mendasar bagi pelaku industri saat ini harus teratasi maka disimpulkan untuk workshop tahun 2022 adalah tersedia prototipe mesin pemotong ubi sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh IKM lain dalam pengolahan makanan.


Terpisah, Kadis Nakerperin Yunida Fatwa apresiasi terselenggaranya  workshop penguatan peralatan produksi bagi IKM melalui TTG ini semoga ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh narasumber nantinya dapat menciptakan sebuah alat yang bisa berguna bagi IKM lain dalam pengolahan pangan 


Dikatakan Kadis, Kita semua pasti mengalami bagaimana keterpurukan ekonomi kita secara Nasional dan daerah yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, banyak pelaku industri baik kecil maupun menengah banyak gulung tikar atau bangkrut, akan tetapi dengan keuletan dan ketangguhan para IKM Las di kota Payakumbuh masih bisa bertahan. Luar biasa sekali perjuangan IKM Las.


"Teruslah belajar mengembangkan ilmu dan bakatnya semoga kelak menjadi pengusaha sukses di Kota Payakumbuh dan nasional,"ungkap penuh semangat Kadis Nakerperin Kota Payakumbuh


Sebelum diakhirinya, Kadis Yunida berharap kepada seluruh peserta yang ikut setelah mendapatkan semua informasi baru dari instruktur agar bisa juga berbagi kepada sesama masyarakat khususnya di lingkungan tempat tinggal ataupun usaha.


"Jangan lupa setelah kembali ke daerah asal segera implementasikan seluruh keterampilan yang diperoleh selama 3 hari tersebut dan kalau bisa kembangkan lagi, dengan catatan tetap sesuai dengan TTG," tutup Yunida Fatwa


Di waktu yang bersamaan juga turut hadir menyaksikan pembukaan workshop kepala UPTD Logam Disperindag Provinsi Sumatera Barat, Lili Ahmadin yang kebetulan sedang berkegiatan di Kabupaten 50 Kota.(Ul)