Gratis, UMKM Bisa Buka Lapak Saat Pacuan Kuda di Bancah Laweh -->

Iklan Atas

Gratis, UMKM Bisa Buka Lapak Saat Pacuan Kuda di Bancah Laweh

Selasa, 21 Juni 2022
Salah satu usaha UKM Tenfah mempersiapkan keperluan untuk berjualan saat alek pacu kuda di Bancah Laweh Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa membuka lapak saat pelaksanaan iven Pacu Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko), Minggu 26 Juni mendatang. Tidak dipungut biaya alias gratis.


Ketua Panitia Pacu Kuda, Delius Putra, S.Sos, Selasa (21/6)  di Padabg Panjang menyebutkan, untuk UMKM yang berminat berjualan saat hari H, harus mendaftar dulu ke sekretariat panitia di kawasan  Bancah Laweh. Syaratnya cuma fotokopi KTP dan nomor HP.


"Sampai saat ini, sudah 85 UMKM yang mendaftar. Kita masih buka pendaftaran hingga Sabtu (25/6) atau H-1 pelaksanaan alek," jelasnya.


Dijelaskan Delius, UMKM yang akan berjualan bakal  dilokalisir dalam satu lokasi, sehingga memudahkan penonton dalam berbelanja. Di samping juga agar pelaksanaan  pacu kuda lebih teratur, tidak terganggu oleh keberadaan  pedagang yang berjualan di lokasi sembarangan.


"UMKM yang berjualan kita pusatkan  di lapangan bola. Nanti kita atur sesuai nomor lot," terangnya.


Dikatakannya, digratiskannya UMKM berjualan adalah wujud sokongan panitia dalam menggerakkan ekonomi masyarakat dengan adanya alek ini. 


"Kami hanya mewajibkan kepada mereka untuk menyediakan tempat sampah di lapak masing-masing. Sehingga kebersihan tetap terjaga," ujarnya.


Suci Muhajir (32), pedagang crepes,  minuman dan telur gulung yang ikut mendaftar ke panitia, mengaku senang sekali dengan adanya event pacu kuda ini.


"Kami bersyukur dengan adanya pacuan kuda ini, karena bisa menambah pendapatan kami. Sayangnya acara ini cuma satu hari, harusnya dua-tiga hari. Kendati begitu, kami tetap berterima kasih kepada panitia yang telah menggratiskan tempat berjualan untuk kami berjualan," tuturnya. (syam)