Hari Pertama Layanan PBB di Pasar Pusat Terkumpul Rp7,1 Juta -->

Iklan Atas

Hari Pertama Layanan PBB di Pasar Pusat Terkumpul Rp7,1 Juta

Selasa, 14 Juni 2022
Layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Pasar Pusat Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Hari pertama layanan  pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) di pendestrian Pasar Pusat Padang Panjang, yang digelar Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Senin (13/6), terhimpun penerimaan Rp7,1 juta dari 80 transaksi.


Kepala BPKD, Dr. Winarno, M.E, Selasa (14/6) mengatakan, layanan ini  merupakan salah satu upaya guna optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) terutama Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

 

Selain itu juga untuk memudahkan masyarakat membayar PBB-P2 yang menjadi kewajiban mereka.


"Alhamdulillah animo masyarakat pada hari pertama cukup tinggi. Baik itu pembayaran melalui M-Banking maupun tunai,” sebutnya.


Layanan berlangsung sejak kemarin, sampai 30 Juni mendatang. Sebagai upaya mendongkrak capaian realisasi pembayaran PBB di Padang Panjang.


Pihaknya mengimbau agar masyarakat melakukan pelunasan PBB sebelum jatuh tempo 31 Oktober. 


Untuk warga yang melakukan transaksi pembayaran di sini, disediakan souvenir menarik. 


Melalui layanan ini pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembayaran yang sudah bisa dilakukan melalui pindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Sebelumnya pembayaran PBB-P2 dapat dilunasi melalui aplikasi Gojek (GoBills). Serta sosialisasi pembayaran tagihan piutang PBB-P2 tahun-tahun sebelumnya.


"Ke depan kita juga akan memperluas saluran pembayaran melalui Tokopedia," tambahnya seraya menyebutkan tahun ini penetapan PBB Padang Panjang sebesar Rp1,35 miliar. 


Pihaknya berharap dengan kegiatan ini, dapat mendorong dan menaikkan tingkat partisipasi masyarakat dalam kewajiban membayar pajak selaku warga negara yang baik.


Nurul Fitria salah seorang  wajib pajak, menyambut baik dibukanya layanan ini. 


"Sangat memudahkan. Kadang kalau ke bank agak lama antreannya. Kalau di sini bisa sambil berbelanja ke pasar," katanya.  (syam)