Jalan Padang Pariaman - Agam Amblas Sedalam 7 Meter -->

Jalan Padang Pariaman - Agam Amblas Sedalam 7 Meter

Kamis, 30 Juni 2022

Warga terpana melihat amblasnya jalan Kudu Gantiang menuju Padang Alai. Foto Heri 






Padang Pariaman, fajarsumbar.com- Jalan utama Kudu Gantiang menuju Padang Alai amblas kedalaman sekitar 7 meter, warga terpaksa waspada jika melewati lokasi jalan. Kamis, 30/06/2022. 


Sekretaris Nagari Kudu Gantiang, Jhoni Bahrul Fuadi saat dimintai keterangan kepada fajarsumbar.com membenarkan telah terjadi amblasnya badan jalan raya Kudu Gantiang menuju Nagari Gunuang Padang Alai pada pada hari rabu malam akibat curah hujan yang tinggi.

Ia menuturkan akibat jalan amblas warga yang melewati  banyak yang merasa cemas dan melaporkan pada dirinya untuk dibuatkan secepatnya tanda ada badan jalan amblas sehingga pengguna lainya tidak terperosok kedalam lubang yang sudah menganga akibat amblas. 

Jhoni kembali menegaskan, pihak nagari akan membuatkan surat ke dinas PUPR Padang Pariaman terkait perihal kejadian ini. 

Sementara itu, Deki Kabid Bina Warga PUPR Padang Pariaman saat dikonfirmasi melalui telepon celuller mengatakan anggotanya sudah diperintahkan untuk terjun kelapangan agar memastikan keadaan jalan yang amblas bisa dilewati apa tidak.

Deki kembali menghimbau kepada warga yang melewati agar lebih berhati-hati jika melewati lokasi jalan amblas. Apalagi cuaca dalam minggu ini sering dilanda hujan lebat. Dikawatirkan, bertambahnya lebar jalan yang amblas.

Kabid bina marga ini menyebutkan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk perbaikan jalan kedalaman 7 meter tersebut. Namun, untuk kepastian apakah termasuk darurat akibat bencana atau tidaknya. Dirinya akan melakukan kordinasi dengan pihak BPBD Padang Pariaman. 

"Jika darurat akibat bencana tentu bisa dikerjakan dalam waktu dekat. Namun, jika tidak termasuk darurat bencana sesuai kajian dari BPBD tentu perbaikan bisa diusulkan melalui dana perubahan pada akhir tahun" jelas Kabid bina marga, PUPR Padang Pariaman 

Disinggung soal adanya dugaan pemasangan pembatas tepi jalan yang kurang sempurna oleh pemborong yang dananya dari APBD sekitar Rp. 150 juta, dirinya belum bisa memastikan apakah karena pengerjaan. Namun, Jika ditemukan adukan pasir dengan semen yang tidak sesuai standar maka ini akan menjadi catatan kepada pemborong yang mengerjakanya.
 
Dari informasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat diduga amblasnya jalan utama Kudu Gantiang menuju Padang Alai akibat air pipa milik PDAM Padang Pariaman yang lansung menghantam tepi jalan sehingga menyebabkan amblas sebagian jalan.


Terpisah, Aminuddin direktur PDAM Padang Pariaman saat dimintai keteranganya melalui telepon, Kamis (30/06/2022) kepada fajarsumbar.com membantah amblasnya sebagian jalan akibat pipa milik PDAM. 

Dirinya menyebutkan sudah memerintahkan anggotanya untuk turun lansung memperbaiki pipa yang putus. Ujar Aminuddin mengakhiri. (Heri