Kepolisian Resort (Polres) Pasaman gelar apel gabungan Operasi Patuh Singgalang 2022 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kepolisian Resort (Polres) Pasaman gelar apel gabungan Operasi Patuh Singgalang 2022

Senin, 13 Juni 2022



Pasaman, fajarsumbar.com - Kepolisian Resort (Polres) Pasaman gelar apel gabungan Operasi Patuh Singgalang 2022 dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa", mulai 13 -26 Juni 2022 di halaman Mapolres Pasaman, Senin (13/6/2022).


Dalam apel gabungan Ops Singgalang 2022 yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolres Pasaman, AKBP . DR. Fahmi Reza.SIK .MH, Bupati Pasaman, H.Benny Utama, Forkompinda, Waka Polres, PJU Polres Pasaman.


Selanjutnya peserta Apel personel Polres Pasaman, Kodim 0305/ Pasaman, CPM  Dishub Kabupaten Pasaman, Satpol PP dan Damkar, Anggota Lapas Kelas II B Lubuk Sikaping dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman.


Kapolres Pasaman AKBP . DR. Fahmi Reza.SIK .MH dalam arahannya menyampaikan Apel gelaran pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya.


Kapolres menyebutkan tujuan Operasi Singgalang 2022 untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap terciptanya Kamseltibcarlantas.


Kemudian, Kapolres Pasaman menjelaskan data kecelakaan diwilayah Kabupaten Pasaman dari tahun 2021 sampai dengan bulan Juni tahun 2022 sudah mencapai 180 kasus, dan jumlah pelanggaran lalulintas sudah mencapai 1.793  pelanggar.


"Ini menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat Pasaman khususnya dan secara umum pengendara dalam berlalu lintas,"ujarnya.


Ia juga menerangkan amanat undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang lalulintas dan angkutan jalan daerah yakni
Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas, Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, Membangun budaya tertib berlalulintas dan Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.


"Keempat poin tersebut merupakan hal yang komplek dan tidak bisa ditangani Polantas, melainkan sinegritas antara pemangku kepentingan menjadi sangat penting dalam mewujudkan masyarakat Pasaman tertib dalam berlalulintas," jelasnya.


Terakhir AKBP . DR. Fahmi Reza.SIK .MH menekankan dan arahan untuk pedoman dalam  pelaksanaan tugas yakni, Profesional dan Proporsional dalam pelaksanaan Ops Singgalang 2022. Koordinasi dan kerjasama antar stakeholder selama pelaksanaan Ops Singgalang 2022 dan Budayakan 3 S ( senyum, sapa, salam) dan humanis dalam pelaksanaan Ops Singgalang 2022, tutupnya. (Naldi)