Peran SI SISIGAP Padang Pariaman Sangat Dibutuhkan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Peran SI SISIGAP Padang Pariaman Sangat Dibutuhkan

Kamis, 02 Juni 2022
Ketua Srikandi Padang Pariaman Yusrita Suharti Nur ketika memberikan sambutan dalam pengukuhan Si Sigab Kecamatan dan Nagari se-Kecamatan Lubuak Aluang di Aula Kantor Camat setempat, Kamis 2 Juni 2022 (foto.dok.pntia)



Lubuak Aluang - Kesemua Srikandi Siaga Tanggap Bencana (SI SIGAB) yang telah dikukuhkan ini, harus bisa memberikan pemahaman kesiapsiagaan menghadapi bencana. Terutama kepada warga masyarakat yang ada di sekitar rumah, khususnya kaum ibu.


Hal itu ditegaskan Ketua SI SIGAB Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur dalam sambutannya ketika pengukuhan SI SIGAB Kecamatan dan Nagari se-Kecamatan Lubuak Aluang di Aula Kantor Camat Lubuak Aluang, Kamis (02/06/22).


Ia mengatakan, pengukuhan SI SIGAB Kecamatan dan Nagari merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana. Hal itu bertujuan, agar mereka paham dan mengenali bencana yang akan terjadi. Sehingga nantinya, tentu akan mampu meminimalisir korban yang akan terjadi ketika datang bencana nantinya.


"Untuk itu, peran dari SI SIGAB Kecamatan dan Nagari, sangat dibutuhkan ditengah masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak merasa was-was saat bencana terjadi" ungkapnya.


Selamat atas dikukuhkan SI SIGAB Kecamatan dan Nagari. Semoga semua niat baik kita diberkati oleh Allah SWT dan bisa melaksanakan tugas sesuai apa yang diharapkan" imbuhnya mengakhiri.


Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan pengukuhan si SIGAB Kecamatan Lubuk Alung merupakan Kecamatan kedua yang telah dikukuhkan. 


"Ini merupakan bukti komitmen kolaborasi, antara BPBD Padang Pariaman dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten. Tentunya dalam rangka mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, dengan menciptakan keluarga yang tangguh bencana.



Budi Mulya menambahkan, pihaknya akan terus secara bergilir ke Kecamatan lain, dalam pelaksanaan program inovasi SI SIGAB ini. 


"Hal demikian, bertujuan untuk pemerataan adanya Pengurus dan Anggota SI SIGAB di Kecamatan dan Nagari-Nagari. Terutama kesiapsiagaan masyarakat menghadapi segala ancaman bencana yang mungkin terjadi" sebut Budi yang didampingi Wirman Kabid PK BPBD Wirman.



Kegiatan Pengukuhan yang disaksikan Kepala Pelaksana BPBD Budi Mulya ST. M.Eng bersama jajarannya ini, juga dihadiri Ketua TP. PKK Kecamatan dan Nagari di wilayah Kecamatan Lubuk Alung.


Srikandi Siaga Tanggap Bencana di Kecamatan Lubuk Alung yang dikukuhkan hari ini, sebanyak 20 orang. Kesemuanya terdiri dari Ketua TP-PKK Kecamatan, Ketua TP-PKK Nagari serta Ketua Pokja 4 Nagari.(rsaco)