LKAAM Payakumbuh akan Gelar Musda -->

Iklan Atas

LKAAM Payakumbuh akan Gelar Musda

Selasa, 14 Juni 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Bila tidak ada aral melintang, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Payakumbuh akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) yang direncanakan Minggu,(19/06).


Ketua panitia pelaksana Musda LKAAM Payakumbuh Fahlevi Mazni Dt. Bandaro nan Balidah mengatakan, beberapa persiapan telah dilakukan oleh panitia, dan pelaksanaan musda ini sudah beberakali terundur,disebabkan beberapa hal diantaranya karena pandemi Covid 19,sehinggga Payakumbuh menerapkan PPKM,katanya.


Dikatakannya, pada rapat finalisasi panitia Minggu,( 12/06) di aula Disparpora di sepakati Musda di gelar di Aula Balaikota Payakumbuh,Minggu(19/06), akan dihadiri ketua umum LKAAM propinsi Sumatera Barat, Muspida, ketua KAN 10 Nagari , LKAAM Kecamatan. ujar Fahlevi Mazni Dt. Bandaro nan Balidah.


Untuk itu, panitia bekerja keras dalam seminggu ini, didukung Disparpora untuk mempersiapkan undangan dan kelengkapan Musda,termasuk mengundang secara adat ketua LKAAM dan Ketua Bundokanduang  Sumbar dan  oleh PLT Ketua LKAAM Payakumbuh HD Dt. Paduko Rajo nan Bagonjong  bersama ketua Bundokanduang Payakumbuh serta Kadisparparpora Desmon Karina yang juga Bundokanduang Payakumbuh.


Sementara untuk menyampaikan undangan serta mengundang secara adat kepada Walikota Payakumbuh dan Muspida Payakumbuh akan dilakukan oleh YK Dt. Patiah Baringek, Dt. Simarajo Lelo dan Desven Alweri, didampingi unsur Bundokanduang Kota Payakumbuh, termasuk menyampaikan undangan secara adat dan tertulis kepada LKAAM Kecamatan, KAN 10 Nagori, unsur pengurus LKAAM periode 2015-2020 serta usur yang akan menjadi peserta Musda, ungkap Fahlevi Mazni Dt. Bandaro nan Balidah.


Sementara sekretaris Stering Comite (SC) Syafrizal mengatakan, peserta  MUSDA terdiri dari 3 orang utusan KAN 10 NAGORI, 1 orang utusan LKAAM Kecamatan. 2 orang utusan LKAAM Provinsi, ditambah 15 orang dari Pengurus Demisioner,Total 52 orang yang akan mengikuti Musda ini,ujar Syafrizal yang juga anggota DPRD Payakumbuh dari partai PBB.


Untuk kelancaran jalannya Musda ini, SC telah menyiapkan Tata Tertib, tinggal dibahas dan disahkan peserta musda pada pleno pertama nantinya.


Dalam Tatib yang disusun, Bakal Calon Ketua merangkap Ketua Formatur, diusulkan 1 orang per nagari, sesuai kriteria dalam AD.ART LKAAM, boleh dari nagari yang bersangkutan, boleh dari nagari yg ada di Kota Payakumbuh.


Jumlah Bakal Calon paling banyak 10 orang, tambahnya.


Ditambahkan PLT ketua LKAAM Payakymbuh dan ketua panitia pelaksana serta Sekretaris SC, kepengurusan LKAAM Payakumbuh periode 2015-2020 telah berakhir Desember 2020 dengan ketua  Wirianto Dt. Paduko Bosa Marajo yang terpilih pada Musda tahun 2015 Periode 2015-2020. Sementara SK PLT bulan Maret 2021 sesuai AD ART LKAAM, sampai saat ini LKAAM Payakumbuh dipimpin oleh PLT, ungkapnya.(Ul)